RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD NEGERI 064979
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
denah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah
yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) serta Berani ( courage)
§ Siswa dapat Membuat denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai
dengan denah
§ Siswa dapat Menjelaskan secara lisan
mengenai denah yang dibuat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Gambar / Denah
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membuat denah berdasarkan penjelasan yang
didengar.
§ Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
§ Menjelaskan secara lisan mengenai denah
yang dibuat.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-
Bertanya
jawab seputar denah yang diamati.
§ Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang
dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
F
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar
denah sendiri dengan cara Tanggung
jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD
YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke
kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan
raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah
kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya
apakah denah buatannya sudah benar!
F
Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang
dibacakan guru
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membuat
gambar / denah
|
Tertulis dan penam-pilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
· Buatlah
denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
· Jelaskan
secara lisan mengenai denah yang dibuat!
|
§ Gambar denah buatan sendiri
Aspek
Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1.
Kesesuaian gambar
dengan petunjuk
yang dibacakan.
2.
Tanda penunjuk arah
ke sebuah lokasi Bu-
mi
Perkemahan
|
|
|
§ Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A
§ Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar