RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit (3 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat
memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Siswa dapat
menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§ Siswa dapat
menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya,
ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
INDIKATOR:
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§
Mampu menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial
budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan
§
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Arti penting
keutuhan NKRI
§ Fungsi
Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
§ Makna
kesatuan wilayah Indonesia
C. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi
kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
–
Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan
apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru
berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam
melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan
lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan
Indonesia sebagai negara kesatuan; serta
legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F mengatur kelas diskusi
dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa mendiskusikan arti
penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil
diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
F Siswa lain menanggapi
hasil diskusi kelompok teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang
rutinitas siswa belajar di rumah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta
seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa
lain menirukannya.
F Siswa
memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru
menjelaskan makna lambang tersebut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk
lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak
menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
F Guru
bercerita tentang sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
F Guru mengatur
kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa
mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI
dengan panduan guru.
F Siswa
melaporkan hasil diskusi secara berkelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.
Pertemuan Ketiga
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
–
Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang
kebiasaan membaca buku.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan
bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”,
“pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya
jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara
general.
F Guru menyiapkan kelas
diskusi.
F Siswa berdiskusi tentang
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi,
dan pertahanan-keamanan.
F Siswa melaporkan hasil
diskusi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Berbagai buku
sejarah perjuangan bangsa.
§ Burung garuda
Pancasila, beserta tamengnya.
§ Lagu ”Garuda
Pancasila”.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat
persatuan bangsa.
§ Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia
dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi,
pertahanan-keamanan).
|
§ Tugas individu.
Tugas
berkelompok
Tugas individu
|
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan
isi pikiran)
|
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita
dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§ Mengapa
Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi
sosial-budaya?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar