Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN No.064979
TEMA :
PENDIDIKAN
KELAS /SEMESTER :
3 (Tiga)/2 (Dua)
WAKTU :
4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan
pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan
melestarikan alam
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi
panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5.Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
7.Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.3
|
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah
|
IPA
|
:
|
6.2
|
Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
|
:
|
6.3
|
Mendeskripsikan
pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia
|
|
:
|
6.4
|
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
Matematika
|
:
|
5.2
|
Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
|
|
|
6.2
|
Menceritakan
perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
|
|
|
7.1
|
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi
teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
|
|
|
8.1
|
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda baca
|
|
|
8.2
|
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§
Siswa
dapat mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
§
Siswa
dapat mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
§
Siswa
dapat mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
§
Siswa
dapat mengidentifikasi manfaat gotong royong]
§
Siswa
dapat mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
§
Siswa
dapat mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
|
IPS
|
:
|
§
Siswa
dapat menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
§
Siswa
dapat menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
§
Siswa
dapat menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§
Siswa
dapat menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
§
Siswa
dapat menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
§
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis uang kartal
|
IPA
|
:
|
§
Siswa
dapat mengidentifikasi kondisi cuaca
§
Siswa
dapat meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§
Siswa
dapat menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk
menunjukkan kondisi cuaca
|
|
|
§
Siswa
dapat mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§
Siswa
dapat mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
|
|
|
§ Siswa
dapat membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
§
Siswa
dapat menjelaskan kegunan sumber daya alam
|
Matematika
|
:
|
§
Siswa
dapat menggambar luas persegi
§
Siswa
dapat menggambar luas persegi panjang
§
Siswa
dapat membandingkan luas bangun datar
§
Siswa
dapat mengurutkan luas berbagai bangun datar
§
Siswa
dapat menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak
satuan
§
Siswa
dapat menemukan cara menghitung luas persegi
§
Siswa
dapat menemukan cara menghitung luas persegi panjang
§ Siswa dapat menyelesaikan soal cerita
yang berhubungan dengan bangun datar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§
Siswa
dapat menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
§
Siswa
dapat menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan
kata-kata sendiri
§
Siswa
dapat menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
§
Siswa
dapat mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
§
Siswa
dapat membaca bacaan dengan suara lantang
§
Siswa
dapat mengamati gambar seri
§
Siswa
dapat menentukan urutan dan maksud gambar seri
§
Siswa
dapat memahami dan menggunakan kata depan ke
§
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata depan
§
Siswa
dapat menyusun kalimat acak
§
Siswa
dapat menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
§
Siswa
dapat mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§
Kekayaan alam Indonesia
§
Harga diri
§
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menjelaskan yang dimaksud dengan
cuaca
F Siswa berdiskusi
secara berkelompok tentang macam-macam cuaca beserta keuntungan dan kerugian dari cuaca tersebut
PKn
F Guru menjelaskan
tentang upacara adat dan amcam-macam upacara adat yang ada di Indonesia
F Siswa
mempraktekkan/ mendemonstrasikan salah satu upacara adat
Matematika
F Guru menjelaskan mengenai luas persegi
F Siswa menggambar luas persegi dengan
ukuran yang telah ditentukan oleh guru
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membaca suatu cerita
F Siswa menanggapi cerita yang telah
dibacakan guru
IPS
F Siswa berdiskusi secara berkelompok
tentang perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan, kemudian hasilnya
dikumpulkan
Matematika
F Siswa menggambar luas persegi panjang
dengan macam-macam ukuran
ý Pertemuan III : 4 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa secara berpasangan saling
tanya jawab tentan bacaan yang dibacanya
Matematika
F Siswa
mengerjakan soal-soal yang diberikan guru tentang membandingkan luas bangun
datar
IPA
F Siswa dapat
menyebutkan gejala-gejala cuaca yang akan terjadi menurut pengalamannya
masing-masing
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siwa membuat kincir angin yang
sederhana yang digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
PKn
F Guru menerangkan tentang macam-macam
suku bangsa dan agama yang ada di Indonesia
F Guru memberikan tugas kliping tentang
macam-macam pakaian adat suku bangsa dan tempat ibadah umat beragama
Matematika
F Siswa
mengerjakan soal-soal yang diberikan guru dengan cara mengurutkan luas berbagai
bangun datar
ý
PertemuanII : 6 x 35 menit ( B. Indonesia,
IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswamembaca dongeng secara lantang
F Siswa membuat pertanyaan dari dongeng
yang dibacanya
IPS
F Guru menjelaskan tentang pasar
tradisional dan pasar swalayan
F Siswa berdiskusi
secara kelompok mengenai keuntungan dan kerugian jula beli di pasar tradisional dan pasar swalayan
Matematika
F Siswa menggambar
bangun persegi dengan cara menghitung petak satuan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa membuat
kalimat dari gambar-gambar yang ada pada buku dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah cerita
IPA
F Siswa dapat menjelaskan cara
kehidupan dan mata pencaharian masyarakat yang berada di cuaca dingin (contoh :
daerah Pangalengan, Lembang)
Matematika
F Siswa membuat gambar persegi panjang
dengan cara menghitung
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menjelaskan pakaian yang dikenakan
yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
PKn
F Siswa mendemontrasikan dengan cara membuat
drama yang isinya mengenai keramahtamahan masyarakat Indonesia
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal cara
menghitung luas
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa membuat kalimat dengan
menggunakan kata depan ke-
F Siswa melengkapi kalimat dengan kata
depan
IPS
F Guru menjelaskan yang dimaksud dengan
barter dan alat tukar jual beli pada zaman dahulu
F Siswa mempraktekkan di kelas tentang jual
beli dengan cara barter
Matematika
F Siswa menegrjakan soal-soal cara
menghitung luas persegi
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa menyusun kalimat yang diacak dengan
tulisan sambung
IPA
F Siswa membuat kliping tentang macam-macam
pakaian yang sesuai dengan keadaan cuaca
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas persegi panjang
Minggu IV
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa
mengelompokkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
PKn
F Siswa menjelaskan manfaat gotong royong
F Siswa menyebutkan
kegiatan-kegiatan yang dikerjakan secara gotong royong di masyarakat
Matematika
F Siswa
mengerjakan soal-soal cara menghitung luas persegi panjang
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menulis puisi yang berisikan amanat
IPS
F Siswa menyebutkan jenis-jenis uang kartal
F Siswa mempraktekkan jual beli dengan menggunakan uang kartal
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mengubah puisi yang
diberikan oleh guru ke dalam bentuk prosa
IPA
F Siswa menjelaskan
keguanaan-kegunaan dari tiap-tiap sumber daya alam
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal
cerita yang berhubungan dengan bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
VIi. Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
1.
Buku Paket IPS kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
3.
Buku Paket PKn kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
4.
LKS BUH PKn kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
5.
Buku Paket B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
6.
LKS BUH B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
7.
Buku Paket Matematika kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
8.
LKS BUH Matematika kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
9.
Buku Paket IPA kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§
Mengidentifikasi
macam-macam upacara adat di tiap daerah
§ Mengidentifikasi
suku bangsa Indonesia
§ Mengidentifikasi
agama yang ada di Indonesia
§ Mengidentifikasi
manfaat gotong royong]
§
Mengidentifikasi
kegiatan gotong royong di masyarakat
§ Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di sekolah
IPS :
§
Menjelaskan
perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
§
Menjelaskan
keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
§
Menjelaskan
keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§
Menjelaskan
dengan yang dimaksud dengan barter
§
Menyebutkan
alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
§ Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§
Mengidentifikasi
kondisi cuaca
§
Meramalkan
keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§ Menggambar secara sederhana simbol yang
bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§
Mengidentifikasi
kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§ Mendeskripsikan hubungan antara pakaian
yang dikenakan dengan keadaan
§ Membuat
daftar jenis-jenis sumber daya alam
§ Menjelaskan kegunan sumber daya alam
Matematika :
§
Menggambar
luas persegi
§
Menggambar
luas persegi panjang
§
Membandingkan
luas bangun datar
§
Mengurutkan
luas berbagai bangun datar
§
Menaksir
luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
§
Menemukan
cara menghitung luas persegi
§
Menemukan
cara menghitung luas persegi panjang
§ Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§
Menyatakan
pendapat terhadap suatu pernyataan
§
Menjelaskan
secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§
Menjawab
pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
§
Mengajukan
pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
§
Membaca
bacaan dengan suara lantang
§
Mengamati
gambar seri
§
Menentukan
urutan dan maksud gambar seri
§
Memahami
dan menggunakan kata depan ke
§
Melengkapi
kalimat dengan kata depan
§
Menyusun
kalimat acak
§
Menulis
amanat puisi yang sudah ditulis siswa
§ Mengubah puisi yang sudah ditulis ke
dalam bentuk prosa
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§
Sebutkanlah
macam-macam upacara adat di tiap daerah
§ Jelaskanlah
suku bangsa Indonesia
§ Jelaskanlah
agama yang ada di Indonesia
§ Jelaskanlah
manfaat gotong royong]
§
Jelaskanlahkegiatan gotong royong di masyarakat
§ Jelaskanlahkegiatan gotong royong di sekolah
IPS :
§
Jelaskanlahperbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
§
Jelaskanlahkeuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
§
Jelaskanlahkeuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§
Jelaskanlahdengan yang dimaksud dengan barter
§
Sebutkan
alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
§ Sebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§
Jelaskanlahkondisi cuaca
§
Jelaskanlahkeadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§ Jelaskanlahsecara sederhana simbol yang bisa
digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§
Jelaskanlahkehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§ Jelaskanlahhubungan antara pakaian yang dikenakan
dengan keadaan
§ Buatkanlah
daftar jenis-jenis sumber daya alam
§ Jelaskanlahkegunan sumber daya alam
Matematika :
§
Buatkanlahgambar luas persegi
§
Buatkanlahgambar luas persegi panjang
§
Bandingkan
luas bangun datar
§
Urutkan
luas berbagai bangun datar
§
Naksir
luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
§
Temukan
cara menghitung luas persegi
§
Temukan
cara menghitung luas persegi panjang
§ Selesaikan soal cerita yang berhubungan
dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§
Nyatakan
pendapat terhadap suatu pernyataan
§
Jelaskanlahsecara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§
Jelaskanlahpertanyaan bacaan yang dibacakan teman
§
Jelaskanlahpertanyaan dari dongeng yang dibacakan
§
Bacakanlah
bacaan dengan suara lantang
§
Jelaskanlahcara mengamati gambar seri
§
Tentukan
urutan dan maksud gambar seri
§
Jelaskanlahcara memahami dan menggunakan kata depan ke
§
Jelaskanlahcara melengkapi kalimat dengan kata depan
§
Susunkanlagh
kalimat acak
§
Tuliskanlah
amanat puisi yang sudah ditulis siswa
§
Jelaskanlahcara mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk
prosa
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
VII. Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar