Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN No.064979
TEMA :
KEPERLUAN SEHARI –
HARI
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I.
PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
§
Mengenal
pentingnya harga diri
|
IPS
|
:
|
§
Mengenal
jenis-jenis pekerjaan
|
IPA
|
:
|
§
Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
Matematika
|
:
|
§
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
§
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
§
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
§
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik.
|
I. TUJUAN PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§
Siswa
dapat mengidentifikasi harga diri
§
Siswa
dapat menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§
Siswa
dapat mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§
Siswa
dapat memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§
Siswa
dapat menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
IPS
|
:
|
§
Siswa
dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§
Siaw
dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§
Siswa
dapat membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§
Siswa
dapat menyebutkan manfaat semangat kerja
|
IPA
|
:
|
§
Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§
Siswa
dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§
Siswa
dapat membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§
Siswa
dapat menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya menghemat energi
§
Siswa
dapat memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§
Siswa
dapat menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§
Siswa
dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
Matematika
|
:
|
§
Siswa
dapat menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§
Siswa
dapat membilang pecahan dengan kata-kata
§
Siswa
menuliskan pecahan dengan lambang
§
Siswa
menuliskan pecahan dengan kata-kata
§
Siswa
membilang pecahan dengan lambang
§
Siswa
membandingkan dua buah pecahan
§
Siswa
menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§
Siswa
menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§
Siswa
menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§
Siswa
mendengarkan pembacaan cerita
§
Siswa
menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§
Siswa
menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§
Siswa
memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§
Siswa
menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§
Siswa
menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§
Siswa
menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§
Siswa
menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§
Siswa
menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan
sen
§
Siswa
menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau
kelipatan yang menunjukkan jumlah
§
Siswa
mengajukan pertanyaan dari bacaan
§
Siswa
menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
v Karaktersiswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun( diligence )
Tanggungjawab( responsibility)
Ketelitian( carefulness)
Kerjasama(
Cooperation )
Toleransi(
Tolerance )
Percayadiri( Confidence )
Keberanian( Bravery )
II. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
III. MATERI
POKOK
1. PKn
§
KekayaanalamIndonesia
§
Hargadiri
§
KebanggaansebagaibangsaIndonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar,
model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. KegiatanInti
Minggu I
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak
benda
F Siswa mengidentifikasi berbagai gerak
benda melalui percobaan
F Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
F Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
F Guru menjelaskan kelebihan harga diri
manusia dari makhluk lain
F Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
F Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
F Guru melukiskan lambang pecahannya
F Siswa membilang dengan kata-kata
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa membaca bacaan dengan seksama
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan
F Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
F Guru bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis
pekerjaan
F Guru menjelakan pekerjaan yang dikelola
oleh swasta dan pemerintah
F Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola aleh swasta
Matematika
F Siswa menggambar bangun datar yang melambangkan pecahan
F Siswa menuliskan lambang pecahannya untuk tiap-tiap gambar
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan cara pemekaian tanda koma ( , ) di
depan bilangan persepuluhan
F Siswa menggunakan tanda koma dalam kalimat
yang ada bilangannya
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
F Guru menjelaskan cara membilang pecahan dengan lambang
pecahan
F Siswa membilang dan membaca lambang
pecahan
F Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
F Guru dan siswa mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi
gerak benda
F Siswa menyebutkan contoh gerak benda
berdasarkan permukaannya
F Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia
F Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
F Siswa menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkanjumlah
IPS
F Siswa menunjukkan jenis pekerjaan yang bergerak di
bidang jasa
F Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
F Siswa mencatat jenis pekerjaan baik yang dikelola swasta atau pemerintahan maupun
wiraswata
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan
sehari-hari
F Siswa membuat daftar
benda dan kegunaanya
F Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
F Guru mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
F Guru menjelaskan mengapa manusia penting
memiliki harga diri
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
F Guru menyajikan nilai pecahan
F Siswa menentukan nilai pecahan dengan
gambar
F Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru membacakan sebuah cerita
F Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
guru
F Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
F Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
F Siswa membedakan dari ketiga jenis
pekerjaan
F Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
F Guru menyajikan gambar dengan nilai pecahannya
F Siswa menentukan benar atau salah nilai
pecahan sesuai gambarnya
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Beberapa siswa menceritakan pengalaman di
sekitar sekolah di depan kelas
F Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
F Siswa menanggapi maslah yang didengarnya secara lisan
Matematika
F Guru menyajikan nilai pecahan seperdua dan seperempat
berikut gambarnya
F Siswa membaca pecahan seperdua,
seperempat, dua perempat, tiga perempat
F Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
F Guru menjelaskan berbagai gerak benda sesuai
keperluannya
F Siswa menyebutkan contoh dari gerak benda
di air
F Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia , IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberi contoh cara membuat penggalan dari satu
cerita
F Siswa menirukan penggalan percakapan dari
sebuah cerita
F Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas
IPS
F Guru menugaskan tiap siswa bertanya ke sisw lain
tentang pekerjaan orang tua
F Siswa mencatat jenis pekerjaan orang tua
kelas 3
F Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan pentingnya menghemat
energi
F Guru menjelaskan bahwa sumber daya alam
merupakan salah satu cara menghemat energi
F Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
F Guru menjelaskan cara menjaga harga diri dalam hidup
bermasyarakat
F Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
F Siswa mengisi lambang pecahan yang
ditunjukkan oleh bagian yang diarsir
F Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mengemukakan pendapat secara lisan tentang cerita yang didengar
F Siswa memberikan saran atas pendapat teman lain
F Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
F Siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan
yang menghasilkan barang
F Guru menanggapi pendapat siswa
F Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
F Guru menjelaskan cara penyelesaian soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
F Guru dan siswa menuliskan kalimat
matematikanya pada gambar
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa menceritakan pengalaman yang menyenangkan
F Siswa menceritakan pengalaman secara
tertulis
F Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan
Matematika
F Guru menjelaskan arti tanda pembanding kurang dari atau
lebih dari
F Siswa menggunakan tanda pembanding pada
dua gambar yang berbentuk sama
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa
IPA
F Siswa memberikan contoh cara penghematan energi di rumah
F Guru menaggapi pendapat siswa
F Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang
dibaca siswa
F Siswa menjawabnya secara tertulis
F Guru memberi penilaian atas jawaban siswa
IPS
F Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga
semangat belajar
F Siswa menyebutkan cara mengatasi kemalasan
F Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
V.VIi.
Alat dan Sumber Belajar
SumberBelajar
1.
BukuPaket IPS kelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
3.
BukuPaketPKnkelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
4.
LKS BUH PKnkelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
5.
BukuPaketB.Indonesiakelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
6.
LKS BUH B.Indonesiakelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
7.
BukuPaketMatematikakelas 3 SD, PenerbitErlangga
8.
LKS BUH Matematikakelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
9.
BukuPaket IPA kelas 3 SD, PenerbitErlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VI. PENILAIAN
Penilaiandilaksanakanselama
proses dansesudahpembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§
Mengidentifikasi
harga diri
§
Menjelaskan
kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§
Mengasumsikan
manusia sebagai makhluk Tuhan
§
Memberi
alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§ Menyebutkan cara menjaga harga diri
dalam hidup bermasyarakat
IPS :
§
Mengenal
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§
Membuat
daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§ Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda melalui percobaan
§
Mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§
Membuat
daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§
Menerapkan
berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§
Menjelaskan
pentingnya menghemat energi
§
Memberi
contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§
Menerapkan
cara menghemat energi di sekolah
§ Menyebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§
Menyajikan
gambar dengan menuliskan pecahannya
§
Membilang
pecahan dengan kata-kata
§
Menuliskan
pecahan dengan lambang
§
Menuliskan
pecahan dengan kata-kata
§
Membilang
pecahan dengan lambang
§
Membandingkan
dua buah pecahan
§
Menggunakan
pembanding lebih atau tanda pembanding
§ Menggunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§
Menanggapi
masalah yang terjadi di sekitar kita
§
Mendengarkan
pembacaan cerita
§
Menanggapi
secara lisan masalah yang kita dengar
§
Menirukan
penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§
Memberikan
pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§
Menceritakan
kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§
Menjelaskan
secara terperinci suatu tempat
§
Menjelaskan
urutan perjalanan menuju suatu tempat
§
Menjawab
pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§
Menggunakan
tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§
Menggunakan
tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang
menunjukkan jumlah
§
Mengajukan
pertanyaan dari bacaan
§ Menjelaskan secara lisan dongeng yang
dibaca dengan kata-kata sendiri
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§
Jelaskanlah
harga diri
§
Jelaskanlahkelebihan harga diri manusia dari
makhluk lain
§
Jelaskanlah
manusia sebagai makhluk Tuhan
§
Jelaskanlah
alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§ Sebutkan cara menjaga harga diri dalam
hidup bermasyarakat
IPS :
§
Jelaskanlah
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§
Sebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§
Sebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§
Buatkanlah
daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§ Sebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§
Jelaskanlah
berbagai gerak benda melalui percobaan
§
Jelaskanlah
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§
Buatkanlah
daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§
Terapkan
berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§
Jelaskanlah
pentingnya menghemat energi
§
Sebutkanlah
contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§
Terapkan
cara menghemat energi di sekolah
§ Sebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§
Jelaskanlah
gambar dengan menuliskan pecahannya
§
Jelaskanlahcara
membilang pecahan dengan kata-kata
§
Tuliskan
pecahan dengan lambang
§
Tuliskan
pecahan dengan kata-kata
§
Jelaskanlahcara
membilang pecahan dengan lambang
§
Bandingkan
dua buah pecahan
§
Gunakan
pembanding lebih atau tanda pembanding
§ Gunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§
Bagaimana
cara menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§
Jelaskanlah
isi cerita
§
Bagaimana
cara menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§
Menirukan
penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§
Memberikan
pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§
Ceritakan
kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§
Jelaskanlah
secara terperinci suatu tempat
§
Jelaskanlahurutan perjalanan menuju suatu tempat
§
Jelaskanlah
cara menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah
dan sen
§
Jelaskanlah
cara Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau
kelipatan yang menunjukkan jumlah
§
Jelaskanlah
cara Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§
Jelaskanlahsecara
lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
* sebagian
besar benar
*
sebagian kecil benar
* semuasalah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. LembarPenilaian
No
|
NamaSiswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Medan, Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar