Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN No.064979
TEMA :
PERTANIAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.2
|
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
IPA
|
:
|
4.2
4.3
5.2
|
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
5.2
6.2
7.1
8.1
|
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§
Siswa
dapat mendeskripsikan letak geografis Indonesia
§
Siswa
dapat menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
§
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
§
Siswa
menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
§
Siswa
dapat menyebutkan hasil laut
§
Siswa
dapat menyebutkan manfaat sungai
§
Siswa
dapat menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
§
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya semangat kerja
§
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
§
Siswa
dapat menjelaskan alasan orang harus bekerja
|
IPA
|
:
|
§
Siswa
dapat menyebutkan pengertian angin
§
Siswa
dapat menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
§
Siswa
dapat menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
§
Siswa
dapat membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
§
Siswa
dapat menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
§
Siswa
dapat menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
§
Siswa
dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
§
Siswa
dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
§
Siswa
dapat menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
§
Siswa
dapat membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
§
Siswa
dapat menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
§
Siswa
dapat membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
§
Siswa
dapat menyajikan nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§
Siswa
dapat mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
§
Siswa
dapat melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
§
Siswa
dapat menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
§
Siswa
dapat menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
§
Siswa
dapat membacakan bacaan agak panjang secara intensif
§
Siswa
dapat membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
§
Siswa
dapat menulis kalimat berita
§
Siswa
dapat memilih kalimat berita
§
Siswa
dapat menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
§
Siswa
dapat menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
|
v Karaktersiswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun( diligence )
Tanggungjawab( responsibility)
Ketelitian( carefulness)
Kerjasama(
Cooperation )
Toleransi(
Tolerance )
Percayadiri( Confidence )
Keberanian( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§
KekayaanalamIndonesia
§
Hargadiri
§
KebanggaansebagaibangsaIndonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. KegiatanAwal
Apresepsi:
F
Mengisi
daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang
lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
F Siswa menjelaskan bahwa angin
memiliki energi
F Siswa menjelaskan bahwa angin dapat
menimbulkan energi gerak
PKN
F
Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
F
Siswa
diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
F
Siswa
menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
F
Siswa
tanya jawab mengenai fungsi hutan
F
Siswa
menjelasakan akibat dari penebangan pohon secara liar
F
Siswa
menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
F Siswa menjelaskan penggolongan bahan
tambang
Matematika
F
Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
F Siswa dapat membuktikab pecahan
1/3, 1/6
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
F
Siswa
mencatat pokok-pokok penjelasan
F Siswa meringkas penjelasan yang
didengar
IPS
F Guru memberi pertanyaan kepada siswa
tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
F Guru menjelaskan pentingnya suatu
keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
F Guru menjelaskan pentingnya orang
memiliki semangat kerja
Matematika
F Guru memberi contoh cara menulis
lambang pecahan 1/2, 1/4
F Guru bersama siswa membaca lambang
pecahan 1/2, 1/4
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonsia
F Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
F Siswa menceritakan kembali tentang bencana
alam yang dilihat di televisi
Matematika
F
Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
F Guru bersama siswa membaca lambang
pecahan 1/3, 1/6
IPA
F
Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk menggerakkan band-benda]
F Siswa memberi contoh benda-benda
yang dapat digerakkan oleh angin.
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
F Siswa disuruh membaca bacaan yang
agak panjang dengan huruf intensif (seorang-seorang)
IPS
F
Guru menjelaskan pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
F Siswa menjelaskan akibat dari tidak
memiliki semangat kerja
Minggu II
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru
bertenya jawab dengan siswa tentang manfaat angin
F Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga
merugikan
F Siswa memberi salah satu
contoh angin yang merugikan
PKn
F
Guru
bercerita tentang kehidupan di pantai
F Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa
yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
F
Guru
memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
F Siswa menentukan nilai
pecahan melalui gambar
ý Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru
memberikan 3 buah gambar secara acak
F
Siswa
mengurutkan 3 buah gambar
F
Siswa
menyusun karngan berdasarakan gambar tersebut
F
Siswa
menulis kalimat berita dengan benara
F Siswa memilih kalimat berita dengan
benar
IPS
F
Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
F Siswa menarik kesimpulan dari
ciri-ciri orang memiliki semangat kerja
Matematika
F
Guru memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
F Siswa menentukan nilai pecahan
melalui gambar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru
memberikan sebuah teks bacaan
F Siswa dapat menyebutkan
pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Matematika
F
Guru
memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
F Siswa disuruh mewarnai gambar
tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
F
Guru
memberi contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian
basah bisa kering, dari mana sumbernya?
F
Siswa
memberi contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
F Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud
dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia
F
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya
dari media cetak
F Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan
kembali tentang bencana alam yang ditulisnya dari media cetak
IPS
F
Siswa
menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
F Siswa menyebutkan manfaat
kejujuran
Minggu III
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor minyak
tanah.
F
Siswa
memberikan contoh-contoh yang lain yang berkaitan dengan sumber energi dan
pemanfaatannya
PKn
F
Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
F
Guru
menjelaskan maksud tanaman palawija
F Siswa menyebutkan tanaman palawija yang
biasa ditanam di Indonesia
Matematika
F Guru memebrikan gambar-gambar tersebut
sesuai dengan pecahannya
F Siswa diminta mewarnai gambar
tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru
memberikan sebuah gambar
F Siswa membuat karangan
sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
IPS
F
Guru
memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam bekerja
F Siswa menyebutkan ciri-ciri
orang yang jujur
Matematika
F Siswa membuat
gambar sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama
F Tiap kelompok melakukan
percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Matematika
F
Guru
memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
F
Siswa
diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
F Siswa membuat gambar sesuai
dengan nilai pecahannya
IPA
F
Guru
menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
F Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam
kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Guru memberikan contoh suatu pernyataan, kemudian memberikan tanggapan
terhadapan pernyataan tersebut
F
Siswa
diberi tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu
penyataan.
IPS
F
Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
F
Siswa
mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan
sehari-hari
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
VIi. Alat dan Sumber Belajar
SumberBelajar
1.
BukuPaket IPS kelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
3.
BukuPaketPKnkelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
4.
LKS BUH PKnkelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
5.
BukuPaketB.Indonesiakelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
6.
LKS BUH B.Indonesiakelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
7.
BukuPaketMatematikakelas 3 SD, PenerbitErlangga
8.
LKS BUH Matematikakelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
9.
BukuPaket IPA kelas 3 SD, PenerbitErlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur derajat
VI. PENILAIAN
Penilaiandilaksanakanselama
proses dansesudahpembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN:
· Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Menyebutkan manfaat sungai
· Menyebutkan tanaman palawija yang
ditanam di Indonesia
· Mengidentifikasi hasil laut
IPS :
· Menjelaskan alasan orang harus bekerja
· Menjelaskan pentingnya memiliki semangat
kerja
· Menjelaskan ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan pembacaan teks berisi
petunjuk melakukan sesuatu
· Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan teman
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Membaca bacaan agak panjang secara
intensif
· Membuat karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Menulis kalimat berita
· Memilih kalimat berita
· Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
· Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Menyebutkan pengertian angin
· Menunjukkan pengertian angin
· Menunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Menyebutkan benda-benda yang dapat
bergerak oleh angin
· Membuat daftar sumber-sumber energi yang
terdapat di sekitar kita
· Menjelaskan tujuan penggunaan sumber
energi
· Menjelaskan angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Membuktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Menulis lambang pecahan setengah,
seperempat
· Menulis lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Membaca bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Membaca lambang pecahan sepertiga,
seperenam
·
Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN:
· Sebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Sebutkan manfaat sungai
· Sebutkan tanaman palawija yang ditanam
di Indonesia
· Jelaskanlah hasil laut
IPS :
· Jelaskanlah alasan orang harus bekerja
· Jelaskanlah pentingnya memiliki semangat
kerja
· Jelaskanlah ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Jelaskanlah teks berisi petunjuk
melakukan sesuatu
· Jelaskanlahcara melakukan percakapan
dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Bacakanlah bacaan agak panjang secara
intensif
· Buatkanlah karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Tuliskanlah kalimat berita
· Pilihkanlah kalimat berita
· Tuliskanlah pokok-pokok pikiran dalam
bacaan
· Jelaskanlah pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Sebutkan pengertian angin
· Tunjukkan pengertian angin
· Tunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Sebutkan benda-benda yang dapat bergerak
oleh angin
· Buatkanlah daftar sumber-sumber energi
yang terdapat di sekitar kita
· Jelaskanlah tujuan penggunaan sumber
energi
· Jelaskanlah angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Buktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Buktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Tuliskanlah lambang pecahan setengah,
seperempat
· Tuliskanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Bacakanlah bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Bacakanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Jelaskanlah nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semuasalah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
LembarPenilaian
No
|
NamaSiswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Medan,
Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar