Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
SDN No.064979
Tema : KERAJINAN TANGAN
Kelas / Semester : 3 (Tiga)/2 (Dua)
Alokasi Waktu : 3 MINGGU
I. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
5. Menerapkan konsep energi gerak
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
II. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
3.2
|
Memberi
contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui
kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
IPS
|
:
|
2.1
2.3
|
Mengenal
jenis-jenis pekerjaanj
Memahami
kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah
|
IPA
|
:
|
5.2
|
Membuat
kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi
energi gerak
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan tanggapan
sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
6.1
7.1
8.1
|
Melakukan
percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan
kalimat ringkas
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
Menulis
puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
§
Siswa
dapat mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
§
Siswa
dapat menjelaskan cara agar dihargai orang lain
§
Siswa
dapat menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
§
Siswa
dapat menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
|
IPS
|
:
|
§
Siswa
dapat membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/
jasa
§
Siswa
dapat menjelaskan tujuan jual beli
§
Siswa
dapat menyebutkan yang dimaksud penjual
|
IPA
|
:
|
§
Siswa
dapat membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
§
Siswa
dapat menentukan rancangan yang akan dibuat
§
Siswa
dapat menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
§
Siswa
dapat menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§
Siswa
dapat menggunakan alat dan bahan secara tepat
§
Siswa
dapat membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
§
Siswa
dapat memodifikasi model-model yang dibuat
|
Matematika
|
:
|
§
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
§
Siswa
dapat menulis kalimat matematikanya
§
Siswa
dapat menentukan sudut dari benda/ bangun
§
Siswa
dapat menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis
berpotongan)
§
Siswa
dapat mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§
Siswa
dapat membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§
Siswa
dapat mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
§
Siswa
dapat membuat percakapan melalui telepon dengan teman
§
Siswa
dapat melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
§
Siswa
dapat memperagakan percakapan melalui telepon
§
Siswa
dapat menyimpulkan isi bacaan
§
Siswa
dapat membaca contoh karangan
§
Siswa
dapat membuat percakapan melalui telepon
§
Siswa
dapat membuat kalimat berdasarkan gambar seri
§
Siswa
dapat menyusun karangan berdasarkan gambar seri
§
Siswa
dapat menulis ringkasan dongeng anak-anak
§
Siswa
dapat menentukan tema puisi berdasarakan gamabar
|
v Karaktersiswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun( diligence )
Tanggungjawab( responsibility)
Ketelitian( carefulness)
Kerjasama(
Cooperation )
Toleransi(
Tolerance )
Percayadiri( Confidence )
Keberanian( Bravery )
IV. MATERI POKOK
1. PKn
§
KekayaanalamIndonesia
§
Hargadiri
§
KebanggaansebagaibangsaIndonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
V. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F
Mengisi
daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang
lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Siswa
mengumpulkan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
F
Guru menentukan alat dan bahan yang dikumpulkan
oleh siswa
PKn
F
Guru
menjelaskan tentang perilaku yang mencerminkan harga diri
F
Siswa menyebutkan perilaku yang mencerminkan
harga diri
Matematika
F
Membahas
pengertian pecahan 1/2. 1/3. 1/4 dan 1/6 dari kegiatan sehari-hari
F
Menguji
keterampilan siswa mewarnai gambar sesuai dengan pecahan yang diminta
F
Siswa
menentukan nilai pecahan dari
gambar yang diwarnainya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Guru
menjelasakn tentang simbol-simbol lalu lintas
F
Siswa
mendengarkan bacaan yang berisi simbol-simbol lalu lintas
F
Siswa
menuliskan arti simbol-simbol lalu lintas yang disediakan
F
Siswa menjawab pertanyaan tentang simbol-simbol
lalu lintas dengan bantuan gambar
IPS
F
Guru
menjelaskan tentang jenis-jenis pekerjaan baik yang menghasilkan barang/ jasa
Matematika
F
Menjelaskan
tentang pembilang dan penyebut suatu pecahan
F
Mencari tahu pembilang dan penyebut suatu pecahan
yang disajikan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Bersama
teman sebangkunya, siswa mendiskusikan membuat percakapan melalui telepon tentang pelajaran
F
Siswa
melakukan percakapan di depan
kelas dengan menggunakan alat komunikasi telepon
Matematika
F
Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan pecahan
F
Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal
cerita yang berkaitan dengan pecahan
IPA
F
Guru dan siswa menentukan rancangan yang akan
dibuat
F Siswa menyiapkanrancangantersebutuntukmembuatkincirangin
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Siswamenyimak bacaan yang dibaakan oleh guru
F
Siswa
menuliskan kesimpulan dan
bacaan yang disimaknya
IPS
F
Siswamembuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan
F
Siswa
menjelaskan isi kliping yang
dibuatnya di depan kelas
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Siswa
membuat kincir angin dengan
bimbingan guru
F
Siswa
membawa kincir angin ke luar
ruangan agar bergerak dengan tiupan angin
PKn
F
Guru menjelaskan cara agar dihargai orang lain
F
Siswa
diminta menjelaskan acra agar dihargai orang lain
Matematika
F
Bertanya
jawab tentang benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan sudut
F
Menyelesaikan
soal-soal yang menentukan jumlah sudut dengan sajian gambar benda-benda dalam kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Siswa
mendengar sebuah contoh karangan
F
Siswa menulis sebuah karangan dengan benar]
F
Siswa
membacakan karangannya di depan kelas
IPS
F
Guru
menjelaskan tentang jual beli
F
Siswa menanggapi penjelasan guru tentang jual
beli
Matematika
F
Bersama
teman sebangku, siswa mendefinisikan pengertian sudut dari kegiatan menghimpitkan lidi sama panjang pada kedua
ujungnya.
F
Siswa
menyimpulkan dari hasil
kegiatan tersebut
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Siswa
membuat percakapan melalui
telepon dengan benar
F
Siswa
membacakan percakapan melalui telepon yang dibuatnya
F
Siswa
mendengarkan percakapan
melalui telepon yang dipraktikkan oleh temannya
Matematika
F
Guru mengarahkan siswa menunjukkan satu gerakan
tubuh yang menunjukkan sudut
F
Siswa
mendemonstrasikan gerakan tersebut di depan kelas
F
Siswa
menyelesaikan soal-soal yang
berhubungan dengan sudut
IPA
F
Guru
memberikan penilaian terhadp ketepatan penggunaan alat dan bahan yang digunakan
untuk membuat kincir angin
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Siswa
menyusun gambar seri yang disajikan
F
Siswa
menulis kalimat dari gambar seri tersebut
F
Siswa membacakan kalimat dari gambar seri
tersebut
IPS
F
Guru
menjelaskan tentang tujuan jual beli
F
Siswa menanggapi penjelasan guru tentang
tujuan jual beli
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Siswa
memperindah kincir dengan hiasasan-hiasan yang sesuai
F
Guru memberikan penilaian hasil karya siswa
PKn
F
Siswa
diminta menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
F
Siswa diminta menjelaskan cara menyikapi
teman yang suka berbohong
Matematika
F
Guru
mengarahkan siswa membuat sudut siku-siku dari selembar kertas
F
Disajikan gambar sudut, siswa diminta untuk
mengurutkan besar sudut tersebut menurut ukurannya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Disajikan
gambar seri, siswa menuliskan kalimat dari gambar seri tersebut
F
Siswa
menuliskan karangan dengan mengembangkan kalimat dari gambar seri tersebut
F
Siswa membacakan hasil karangannya di depan
kelas
IPS
F
Guru menjelaskan
tentang penjual
F
Siswa menanggapi penjelasan guru tentang
penjual
Matematika
F
Dengan
menggunakan kertas terlipat siku-siku, siswa membedakan sudut siku-siku, sudut
tumpul dan sudut lancip
F
Siswa
berdiskusi tentang definisi sudut tumpul dan sudut lancip berdasarkan kertas
lipat yang telah dibuat
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Siswa
mendengarkan dongeng yang dibacakan temannya/ gurunya
F
Siswa
menuliskan ringkasan dari dongeng tersebut
F
Siswa membacakan ringkasan dari dongeng
tersebut
Matematika
F
Guru menguji kemampuan siswa menentukan jenis
sudut menggunakan kertas terlipat siku-siku
F
Siswa
menghitung banyaknya sudut
menurut jenisnya dari suatu bangun
IPA
F
Siswa
memodifikasi model-model kincir angin agar lebih bervariasi
F
Guru memberi penilaian hasil kerja siswa
ý Pertemuan IV : 3 x 35 (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Disajikangambardarisebuahpuisi,
siswamembacakanpuisidenganpenuhpenghayatan
F
Siswa
menuliskan tema puisi
IPS
F
Siswa
melakukan/ mempraktekkan proses jual beli dengan bimbingan guru
F
Siswa
membuat laporan dari hasil
praktiknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F
Siswa
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
F
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
F
Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
F
Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. Alat dan Sumber Belajar
SumberBelajar
1.
BukuPaket IPS kelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
3.
BukuPaketPKnkelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
4.
LKS BUH PKnkelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
5.
BukuPaketB.Indonesiakelas 3 SD, PenerbitBumiAksara
6.
LKS BUH B.Indonesiakelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
7.
BukuPaketMatematikakelas 3 SD, PenerbitErlangga
8.
LKS BUH Matematikakelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
9.
BukuPaket IPA kelas 3 SD, PenerbitErlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, PenerbitMadju Offset
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VIII. PENILAIAN
Penilaiandilaksanakanselama
proses dansesudahpembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§
Mengidentifikasikan
perilaku yang menceritakan harga diri
§
Menjelaskan
cara agar dihargai orang lain
§
Menjelaskan
cara agar pendapat kita didengar orang lain
§ Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka
berbohong
IPS :
§
Membuat
kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§
Menjelaskan
tujuan jual beli
§ Menyebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§
Membuat
salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
§
Menentukan
rancangan yang akan dibuat
§
Menentukan
alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§
Menentukan
alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§
Menggunakan
alat dan bahan secara tepat
§
Membuat
model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
§ Memodifikasi model-model yang dibuat
Matematika :
§
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
§
Menulis
kalimat matematikanya
§
Menentukan
sudut dari benda/ bangun
§
Menjelaskan
sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§
Mengurutkan
besar sudut menurut ukuran
§ Membuat jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§
Mendengarkan
bacaan yang berisi simbol lalu lintas
§
Membuat
percakapan melalui telepon dengan teman
§
Melakukan
bermain peran dengan alat komunikasi telepon
§
Memperagakan
percakapan melalui telepon
§
Menyimpulkan
isi bacaan
§
Membaca
contoh karangan
§
Membuat
percakapan melalui telepon
§
Membuat
kalimat berdasarkan gambar seri
§
Menyusun
karangan berdasarkan gambar seri
§
Menulis
ringkasan dongeng anak-anak
§ Menentukan tema puisi berdasarakan
gamabar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§
Jelaskanlah
perilaku yang menceritakan harga diri
§
Jelaskanlah
cara agar dihargai orang lain
§
Jelaskanlah
cara agar pendapat kita didengar orang lain
§ Jelaskanlah cara menyikapi teman yang
suka berbohong
IPS :
§
Buatkanlah
kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§
Jelaskanlah
tujuan jual beli
§ Sebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§
Buatkanlah
salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
§
Tentukan
rancangan yang akan dibuat
§
Tentukan
alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§
Tentukan
alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§
Jelaskanlahcara
gunakan alat dan bahan secara tepat
§
Buatkanlah
model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
§ Jelaskanlah model-model yang dibuat
Matematika :
§
Selesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
§
Tuliskanlah
kalimat matematikanya
§
Tentukan
sudut dari benda/ bangun
§
Jelaskanlah
sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§
Urutkan
besar sudut menurut ukuran
§ Buatkanlah jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§
Jelaskanlah
bacaan yang berisi simbol lalu lintas
§
Buatkanlah
percakapan melalui telepon dengan teman
§
Jelaskanlahcara
Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
§
Peragakan
percakapan melalui telepon
§
Simpulkan
isi bacaan
§
Bacakanlah
contoh karangan
§
Buatkanlah
percakapan melalui telepon
§
Buatkanlah
kalimat berdasarkan gambar seri
§
Susunkanlah
karangan berdasarkan gambar seri
§
Tuliskanlah
ringkasan dongeng anak-anak
§
Tentukan
tema puisi berdasarakan gamabar
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
IX. Kriteria Penilaian
1. Produk( hasildiskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semuasalah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.LembarPenilaian
No
|
NamaSiswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Medan, Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar