Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN No.064979
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III /1
Alokasi Waktu : 3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
I.
|
PKn
|
|
|
1
|
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
II.
|
IPS
|
|
|
1.
|
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar
rumah dan sekolah
|
III.
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
Mendengarkan
|
|
|
1.
|
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
|
|
Berbicara
|
|
|
2.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
IV.
|
Matematika
|
|
|
1.
|
Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka
|
V.
|
IPA
|
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada
makhluk hidup
|
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : - Mengamalkan
makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah
Pemuda dalam kehidupan sehari-
sehari
2. IPS : - Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
3. B. Indonesia: - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara
lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
4. Matematika : Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA : -
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk
hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
anak
(makanan,
kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKn : - Siswa dapat
mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
mempersatukan
bangsa
-
Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
- Siswa dapat
menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
- Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda di
lingkungan rumah
2. IPS : - Siswa dapat
mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di
lingkungan sekitar
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan
alam bagi kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan
buatan bagi kehidupan
- Siswa dapat membuat denah rumah siswa
dengan menentukan arah mata
anginnya
3. IPA : - Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk tak hidup
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bijinya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan
akarnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan batangnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan daunnya
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pertumbuhan hewan
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika : - Siswa
dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,
satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai
dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
tanpa menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
dengan menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan
tanpa meminjam
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan
dengan meminjam
5. B . Indonesia : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk
membuat alat pengukur debu
- Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara
menggunakan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat
tokoh dalam cerita binatang
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan
tentang tokoh cerita
binatang
- Siswa dapat menceritakan peristiwa alam
melalui pengamatan gambar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian( Bravery )
IV. Materi Pokok
1. PKn
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
·
Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak
hidup.
·
Perubahan pada
makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
4. Matematika
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
V. MetodE
Pembelajaran
¨
Informasi
¨
Diskusi
¨
Tanya jawab
¨
Demontrasi
¨
Pemberian tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal
Apresepsi
:
F
Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu
yang lalu
B.
Kegiatan
Inti
Minggu
I
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa
diminta membedakan makhluk hidup dan
makhluk tak hidup
F Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan makhluk tak hidup
F
Siswa
mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup
PKn
F Guru
menerangkan tentang negara Indonesia
F Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang
mempersatukan bangsa
F
Menjelaskan
pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
Matematika
F Menjelaskan cara panjang penulisan
bilangan
F
Menguji
keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa
mendengarkan petunjuk cara
mendeteksi udara sekitar
F Guru menjelaskan cara menggunakan alat
pengukur debu
F
Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
F Tanya
jawab dengan siswa mengenai apa yang
dilihat di lingkungan sekitar
F Mengajak siswa mengamati gambar sungai,
danau, laut, gunung, lembah dan pegunungan
F
Siswa
menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Matematika
F Memperagakan dekak-dekak
F Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak
F
Menentukan
nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
membacakan cerita binatang
F Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita
binatang
F
Guru
menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
Matematika
F Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa
teknik menyimpan
F Menguji keterampilan siswa dengan soal
penjumlahan dua bilangan
F
Membahas
soal yang dikerjakan siswa
IPA
F Guru
menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan bijinya
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan akarnya
F
Siswa
diminta mengamati biji salak dan biji jambu air
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan batangnya
F Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan
penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan daunnya
F
Siswa
mengamati macam-macam daun
PKn
F Guru menjelaskan bahwa Indonesia
terdiri dari beberapa suku
F Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap
daerah di nusantara
F
Menjelaskan
bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
Matematika
F
Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan
teknik menyimpan
F
Guru menguji keterampilan siswa dengan soal
penjumlahan dua bilangan
F
Membahas
soal yang tela dikerjakan siswa
Pertemuan
kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat
tokoh dalam cerita
F
Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah
pernyataan
F
Siswa menanggapi cerita
IPS
F Menyebutkan contoh yang termasuk
kenampakan buatan
F Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
Matematika
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan
dengan teknik meminjam
F
Menguji
keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Pertemuan
ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Siswa mengamati dua buah gambar
F
Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar
tersebut
IPA
F
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan daunnya
F
Siswa mengamati macam-macam daun
Matematika
F
Menjelaskan
pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
F
Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Minggu III
Pertemuan
pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru
menjelaskan tentang pertumbuhan
hewan
F Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan
pada hewan
F
Siswa
mendiskusikan pertumbuhan hewan
PKn
F Menjelaskan waktu dan tempat kongres
pemuda
F Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
F Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam
kongres pemuda
F
Menyebutkan
perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
Matematika
F
Siswa
mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
F
Guru
menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
F
Menguji
keterampilan siswa dengan soal pengurangan
Pertemuan
kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Siswa
menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
F
Siswa menanggapi pengalaman teman
IPS
F Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada
denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
F
Melakukan
tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
F Memaparkan bentuk penyajian mata angin
pada denah rumah
F
Siswa
membuat denah rumah masing-masing
Matematika
F Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
F
Siswa
mengerjakan soal-soal latihan
Pertemuan
ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Mengamati gambar peristiwa alam
F
Menceritakan
peristiwa alam melalui pengamatan gambar
IPA
F Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada
tumbuhan
F Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
F
Melaporkan
hasil diskusi
Matematika
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan
dengan teknik meminjam
F
Menguji
keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan
F
Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
1.
Buku Paket IPS kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
3.
Buku Paket PKn kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
4.
LKS BUH PKn kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
5.
Buku Paket B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
6.
LKS BUH B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
7.
Buku Paket Matematika kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
8.
LKS BUH Matematika kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
9.
Buku Paket IPA kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
Alat Peraga
F Gambar kenampakan alam
F Gambar kenampakan buatan
F Gambar peristiwa alam
F Teks cerita binatang
VII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
§
Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan
yang dapat mempersatukanbangsa
§
Menyebutkan nama organisasi pemuda di
nusantara
§
Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
§
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
2. IPS:
§
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan sekitar
§
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
§
Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
§
Membuat denah rumah siswa dengan menentukan
arah mata anginnya
3. IPA :
§
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
§
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
§
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
§
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
§
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
§
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
§
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
§
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika:
§
Menulis bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
§
Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
§
Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
§
Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
§
Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
§
Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia:
§
Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur
debu
§
Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
§
Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
§
Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh
cerita binatang
§
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan
gambar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn :
§
Jelaskanlah dan membuat daftar tindakan yang
dapat mempersatukanbangsa
§
Sebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
§
Sebutkan lima
tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
§
Jelaskanlahpengamalan nilai-nilai Sumpah
Pemuda di lingkungan rumah
2. IPS:
§
Jelaskanlah kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
§
Jelaskanlahmanfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
§
Jelaskanlahmanfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
§
Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan
arah mata anginnya
3. IPA :
§
Jelaskanlah ciri-ciri makhluk hidup
§
Jelaskanlahciri-ciri makhluk tak hidup
§
Jelaskanlahgolongkan tumbuhan berdasarkan
bijinya
§
Jelaskanlahgolongkan tumbuhan berdasarkan
akarnya
§
Jelaskanlahgolongkan tumbuhan berdasarkan
batangnya
§
Jelaskanlahgolongkan tumbuhan berdasarkan
daunnya
§
Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
§
Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika:
§
Tuliskanlah bilangan secara panjang (ribuan,
ratusan, puluhan, satuan)
§
Tentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
§
Jelaskanlahmelakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
§
Jelaskanlahmelakukan operasi penjumlahan
dengan menyimpan
§
Jelaskanlahmelakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
§
Jelaskanlahmelakukan operasi pengurangan
dengan meminjam
5. B. Indonesia:
§
Jelaskanlahpetunjuk membuat alat pengukur debu
§
Buatkanlah pertanyaan tentang cara menggunakan
§
Sebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
§
Berikan tanggapan dan alasan tentang tokoh
cerita binatang
§ Ceritakan
peristiwa alam melalui pengamatan gambar
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang
kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Medan, Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar