Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN No.064979
Tema : Pengalaman
Kelas/Semester : III /1
Alokasi Waktu : 3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
|
|
PKn
|
|
1.
|
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
IPS
|
|
1.
|
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar
rumah dan sekolah
|
Bahasa Indonesia
|
|
Mendengarkan
|
|
1.
|
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
|
Berbicara
|
|
2.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
Membaca
|
|
3.
|
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
|
Matematika
|
|
1.
|
Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka
|
2.
|
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
IPA
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada
makhluk hidup
|
3.
|
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : Mengenal makna Satu Nusa, Satu
Bangsa, dan Satu Bahasa
2. IPS : Melakukan kerja sama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
3. IPA : -
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, olah raga)
- Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan melalui benda
padat, cair dan gas.
4.
Matematika : - Menentukan letak bilangan
pada garis bilangan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka
- Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka
- Memecahkan masalah penghitungan termasuk
yang berkaitan dengan uang
- Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(meteran, timbangan, atau jam)
- Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
5. B. Indonesia : -
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
- Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
- Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata)
melalui membaca intensif
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKn : - Siswa dapat
mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menjelaskan latar belakang
terwujudnya Sumpah
Pemuda
- Siswa dapat menjelaskan tujuan Kongres
Pemuda I dan II
- Siswa dapat menjelaskan makna Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan
dan kesatuan
2. IPS : - Siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan
rumah
- Siswa dapat menjelaskan kerja
sama (gotong royong) sebagai cirri
khas bangsa Indonesia
3.
IPA : - Siswa
dapat membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup
berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
- Siswa dapat mengidentifikasi perubahan
tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
- Siswa dapat menafsirkan perubahan manusia
berdasarkan hasil
pengukuran
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
gas
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
cair
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
gas
4.
Matematika : - Siswa dapat menaksirkan
bilangan yang dibutuhkan letaknya pada
garis bilangan
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan
penjumlahan
dan pengurangan
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan
perkalian
dan pembagian
- Siswa dapat menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil
sampai yang terbesar
- Siswa dapat menentukan kesetaraan nilai
uang dengan berbagai
satuan uang
lainnya
- Siswa dapat menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa
dibeli atau dijual sehari-hari
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
- Siswa dapat menaksir panjang dan lebar
suatu benda dengan meteran
- Siswa dapat menaksir berat suatu benda
dengan alat timbangan/
neraca
- Siswa dapat menaksir lama kegiatan
sehari-hari dengan alat ukur
- Siswa dapat menentukan satuan ukur dalam
pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia : - Siswa dapat mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
- Siswa dapat menuliskan hal-hal penting yang
didengar tentang
menolong
teman
- Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan
baik yang dilakukan
sehari-hari
- Siswa dapat melakukan percakapan tentang
pengalaman
- Siswa dapat menanggapi cerita pengalaman
teman
- Siswa dapat mengemukakan perasaan sesuai
isi bacaan
- Siswa dapat membuat kesimpulan isi bacaan
- Siswa dapat mengemukakan pendapat tentang
isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian( Bravery )
IV. Materi Pokok
1. PKn
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
·
Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak
hidup.
·
Perubahan pada
makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
4. Matematika
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
V. MetodE
Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian tugas
VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apresepsi
:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F
Mengajukan
beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit
(IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Menjelaskan cara memelihara tanaman
F
Siswa
mempraktekkan cara memelihara tanaman di sekolah
PKn
F Guru menceritakan secara singkat sejarah
Sumpah Pemuda
F Siswa menanggapi cerita yang disampaikan
F
Guru
membacakan teks Sumpah Pemuda
Matematika
F Siswa
membuat garis bilangan dengan
menentukan letak titiknya
F Siswa menentukan bilangan pada garis
bilangan
F
Siswa
menentukan pola bilangan pada garis bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
menjelaskan petunjuk lomba
F
Siswa
menanggapi penjelasan guru
IPS
F Siswa
menyebutkan manfaat lingkungan alam
bagi manusia
F
Siswa
menyebutkan akibat pencemaran lingkungan
Matematika
F Siswa mengingat kembali perkalian
F Guru menjelaskan perkalian adalah
kebalikan dari pembagian
F
Siswa
mengerjakan latihan soal
Pertemuan ke tiga 4 X 35
menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa
menyusun percakapan melalui telepon
F
Siswa
mempraktekan percakapan memakai telepon mainan di depan kelas
Matematika
F Siswa mengingat kembali bentuk pembagian
F Siswa mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
F
Membahas
soal yang dikerjakan siswa
IPA
F Siswa melakukan pengamatan tanaman yang
dipeliharanya di sekolah
F
Mencatat
hasil pengamatan secara kelompok
F
Siswa melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x
35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menggolongkan benda padat yang ada
di sekitar sekolah
F
Siswa
mengidentifikasi sifat-sifat benda padat
PKn
F Siswa mendiskusikan nilai-nilai Sumpah
Pemuda dari Narasi yang diberikan guru
F
Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai sumpah pemuda
Matematika
F Siswa menyebutkan jenis alat ukur
sederhana yang diketahuinya
F
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab tentang alat ukur tersebut
Ke Pertemuan dua : 6 x
35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mengamati gambar berseri
F
Siswa
memberi tanggapan melalui pengamatan gambar
IPS
F Guru menjelaskan cara memelihara
lingkungan rumah
F
Siswa
mempraktekan cara memelihara lingkungan rumah
Matematika
F Siswa memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang akan diukur
F
Siswa
mengukur benda-benda tersebut secara berkelompok
Pertemuan ke tiga : 6 x
35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberi contoh cara membaca bersuara
dengan lafal dan intonasi yang tepat
F Siswa membaca bersuara di depan kelas
F
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-banda padat
yang ada di sekitar rumah
F
Siswa
membuat laporan hasil identifikasi benda-benda padat
Matematika
F
Siswa
menyebutkan alat-alat ukur sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
F
Siswa
menyebutkan kegunaan alat-alat ukur sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x
35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-benda cair
F
Siswa
menyebutkan sifat-sifat benda cair
PKn
F Siswa mendiskusikan mengenai pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda
F Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
F
Kelompok
lain menanggapi hasil laporan tiap kelompok
Matematika
F Siswa
membuat jam dari karton secara
berkelompok
F
Siswa
membubuhkan angka pada jam tersebut dengan tepat
Pertemuan kedua : 6 x 35
menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menjelaskan cara menggunakan huruf
kapital pada kalimat
F
Siswa
menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital
IPS
F Guru menjelaskan cara melestarikan
lingkungan alam
F
Siswa
mengidentifikasi lingkungan alam yang perlu dilestarikan
Matematika
F Guru menjelaskan tanda waktu jam
F
Siswa
membaca tanda waktu jam setengah, seperempat pada jarum jam
Pertemuan ke tiga : 6 x
35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
menjelaskan pemakaian tanda hubung
pada kalimat
F
Siswa
menggunakan tanda hubung dalam kalimat
IPA
F Siswa
membandingkan sifat berbagai benda
cair
F
Siswa
menyebutkan contoh benda cair
Matematika
F Guru
menjelaskan cara membaca tanda waktu
dalam bentuk angka atau digital
F
Siswa
membaca tanda waktu sampai lima
menit pada jarum jam
Minggu IV
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan pertama : 6 x
35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-benda gas
F Siswa menyebutkan sifat-sifat benda
gas
PKn
F Siswa mencatat kegiatan karang taruna yang
menggalang persatuan dan kesatuan
F Mendiskusikan kegiatan karang taruna
secara berkelompok
F Melaporkan hasil diskusi di depan
kelas
Matematika
F Guru menerangkan hubungan antar satuan
waktu, menit dan jam
F
Siswa
menyelesaikan soal yang berhubungan dengan satuan waktu, menit dan jam
Pertemuan kedua : 6 x 35
menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
menjelaskan cara menulis kalimat
dengan menggunakan koma untuk memisahkan ruapiah, persepuluh dan sen
F
Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh
dan sen
F
Siswa membuat kalimat dengan menggunakan tanda
seru
IPS
F Siswa mengidentifikasi bentuk kerjasama di
lingkungan tetangga
F
Siswa
mengidentifikasi pekerjaan yang dapat dilakukan dengan gotong royong di
lingkungan rumah
Matematika
F Guru menerangkan tentang hubungan antar
satuan hari, minggu, bulan dan tahun
F
Siswa
mempraktekannya dalam bentuk soal
Pertemuan ke tiga : 6 x
35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan kata depan di dan ke pada
kalimat
F
Siswa
menggunakan kata depan di dan ke pada kalimat
IPA
F Siswa menyebutkan contoh benda-benda gas
F
Siswa
membandingkan benda gas dengan benda lainnya
Matematika
F Guru menjelaskan hubungan antar satuan
berat, kg, ons, dan gram
F
Siswa
melakukan latihan soal mengenai hubungan antar satuan berat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
VII. Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
1.
Buku Paket IPS kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
3.
Buku Paket PKn kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
4.
LKS BUH PKn kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
5.
Buku Paket B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
6.
LKS BUH B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
7.
Buku Paket Matematika kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
8.
LKS BUH Matematika kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
9.
Buku Paket IPA kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
Alat Peraga
1.
Gambar kenampakan alam
2. Gambar
kenampakan buatan
3.
Gambar peristiwa alam
4.
Teks cerita binatang
VIII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn:
§
Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§
Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
§
Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§
Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
2. IPS:
§
Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§
Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
3. IPA:
§
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk
tak hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
§
Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia
melalui pengamatan gambar
§
Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan
hasil pengukuran
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
§
Menyebutkan sifat-sifat benda cair
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
4. Matematika:
§
Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya
pada garis bilangan
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dan pembagian
§
Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang
terkecil sampai yang terbesar
§
Menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
§
Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang
yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan
nilai uang
§
Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan
meteran
§
Menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
§
Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat
ukur
§
Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia:
§
Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
§
Menuliskan hal-hal penting yang didengar
tentang menolong teman
§
Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
§
Melakukan percakapan tentang pengalaman
§
Menanggapi cerita pengalaman teman
§
Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§
Membuat kesimpulan isi bacaan
§
Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn:
§
Jelaskanlah arti Sumpah Pemuda
§
Jelaskanlah latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
§
Jelaskanlah tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Jelaskanlah makna Sumpah Pemuda
§
Sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
2. IPS:
§
Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§
Jelaskanlah kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
3. IPA:
§
Bedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
§
Jelaskanlah perubahan tubuh pada manusia
melalui pengamatan gambar
§
Nafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil
pengukuran
§
Sebutkan sifat-sifat benda gas
§
Sebutkan sifat-sifat benda cair
§
Sebutkan sifat-sifat benda gas
4. Matematika:
§
Naksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya
pada garis bilangan
§
JelaskanlahPecahan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlahan dan
pengurangan
§
JelaskanlahPecahan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
§
Sebutkan nilai mata uang rupiah dari yang
terkecil sampai yang terbesar
§
Tentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai
satuan uang lainnya
§
Naksir jumlah harga dari sekelompok barang
yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Selesaikan soal cerita yang melibatkan nilai
uang
§
Naksir panjang dan lebar suatu benda dengan
meteran
§
Naksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
§
Naksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat
ukur
§
Tentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia:
§
JelaskanlahTentang menolong teman
§
Tuliskan hal-hal penting yang didengar tentang
menolong teman
§
Ceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
§
Jelaskanlahcara melakukan percakapan tentang
pengalaman
§
Jelaskanlahcara menanggapi cerita pengalaman
teman
§
Bagaimana cara mengemukakan perasaan sesuai
isi bacaan
§
Buatkanlah kesimpulan isi bacaan
§
Jelaskanlahcara mengemukakan pendapat tentang
isi bacaan
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang
kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Medan, Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar