Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN No.064979
Tema : Pengalaman
Kelas/Semester : III /1
Alokasi Waktu : 3 minggu
|
I. STANDAR KOMPETENSI
|
|
|
PKn
|
|
|
1.
|
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
|
IPS
|
|
|
1.
|
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar
rumah dan sekolah
|
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
Mendengarkan
|
|
|
1.
|
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
|
|
Berbicara
|
|
|
2.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
|
Membaca
|
|
|
3.
|
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
|
|
Matematika
|
|
|
1.
|
Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka
|
|
2.
|
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
|
IPA
|
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada
makhluk hidup
|
|
3.
|
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : Mengenal makna Satu Nusa, Satu
Bangsa, dan Satu Bahasa
2. IPS : Melakukan kerja sama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
3. IPA : -
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, olah raga)
- Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan melalui benda
padat, cair dan gas.
4.
Matematika : - Menentukan letak bilangan
pada garis bilangan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka
- Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka
- Memecahkan masalah penghitungan termasuk
yang berkaitan dengan uang
- Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(meteran, timbangan, atau jam)
- Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
5. B. Indonesia : -
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
- Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
- Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata)
melalui membaca intensif
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKn : - Siswa dapat
mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menjelaskan latar belakang
terwujudnya Sumpah
Pemuda
- Siswa dapat menjelaskan tujuan Kongres
Pemuda I dan II
- Siswa dapat menjelaskan makna Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan
dan kesatuan
2. IPS : - Siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan
rumah
- Siswa dapat menjelaskan kerja
sama (gotong royong) sebagai cirri
khas bangsa Indonesia
3.
IPA : - Siswa
dapat membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup
berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
- Siswa dapat mengidentifikasi perubahan
tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
- Siswa dapat menafsirkan perubahan manusia
berdasarkan hasil
pengukuran
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
gas
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
cair
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
gas
4.
Matematika : - Siswa dapat menaksirkan
bilangan yang dibutuhkan letaknya pada
garis bilangan
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan
penjumlahan
dan pengurangan
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan
perkalian
dan pembagian
- Siswa dapat menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil
sampai yang terbesar
- Siswa dapat menentukan kesetaraan nilai
uang dengan berbagai
satuan uang
lainnya
- Siswa dapat menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa
dibeli atau dijual sehari-hari
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
- Siswa dapat menaksir panjang dan lebar
suatu benda dengan meteran
- Siswa dapat menaksir berat suatu benda
dengan alat timbangan/
neraca
- Siswa dapat menaksir lama kegiatan
sehari-hari dengan alat ukur
- Siswa dapat menentukan satuan ukur dalam
pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia : - Siswa dapat mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
- Siswa dapat menuliskan hal-hal penting yang
didengar tentang
menolong
teman
- Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan
baik yang dilakukan
sehari-hari
- Siswa dapat melakukan percakapan tentang
pengalaman
- Siswa dapat menanggapi cerita pengalaman
teman
- Siswa dapat mengemukakan perasaan sesuai
isi bacaan
- Siswa dapat membuat kesimpulan isi bacaan
- Siswa dapat mengemukakan pendapat tentang
isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian( Bravery )
IV. Materi Pokok
1. PKn
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
·
Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak
hidup.
·
Perubahan pada
makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
4. Matematika
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
V. MetodE
Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian tugas
VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apresepsi
:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F
Mengajukan
beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit
(IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Menjelaskan cara memelihara tanaman
F
Siswa
mempraktekkan cara memelihara tanaman di sekolah
PKn
F Guru menceritakan secara singkat sejarah
Sumpah Pemuda
F Siswa menanggapi cerita yang disampaikan
F
Guru
membacakan teks Sumpah Pemuda
Matematika
F Siswa
membuat garis bilangan dengan
menentukan letak titiknya
F Siswa menentukan bilangan pada garis
bilangan
F
Siswa
menentukan pola bilangan pada garis bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
menjelaskan petunjuk lomba
F
Siswa
menanggapi penjelasan guru
IPS
F Siswa
menyebutkan manfaat lingkungan alam
bagi manusia
F
Siswa
menyebutkan akibat pencemaran lingkungan
Matematika
F Siswa mengingat kembali perkalian
F Guru menjelaskan perkalian adalah
kebalikan dari pembagian
F
Siswa
mengerjakan latihan soal
Pertemuan ke tiga 4 X 35
menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa
menyusun percakapan melalui telepon
F
Siswa
mempraktekan percakapan memakai telepon mainan di depan kelas
Matematika
F Siswa mengingat kembali bentuk pembagian
F Siswa mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
F
Membahas
soal yang dikerjakan siswa
IPA
F Siswa melakukan pengamatan tanaman yang
dipeliharanya di sekolah
F
Mencatat
hasil pengamatan secara kelompok
F
Siswa melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x
35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menggolongkan benda padat yang ada
di sekitar sekolah
F
Siswa
mengidentifikasi sifat-sifat benda padat
PKn
F Siswa mendiskusikan nilai-nilai Sumpah
Pemuda dari Narasi yang diberikan guru
F
Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai sumpah pemuda
Matematika
F Siswa menyebutkan jenis alat ukur
sederhana yang diketahuinya
F
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab tentang alat ukur tersebut
Ke Pertemuan dua : 6 x
35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mengamati gambar berseri
F
Siswa
memberi tanggapan melalui pengamatan gambar
IPS
F Guru menjelaskan cara memelihara
lingkungan rumah
F
Siswa
mempraktekan cara memelihara lingkungan rumah
Matematika
F Siswa memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang akan diukur
F
Siswa
mengukur benda-benda tersebut secara berkelompok
Pertemuan ke tiga : 6 x
35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberi contoh cara membaca bersuara
dengan lafal dan intonasi yang tepat
F Siswa membaca bersuara di depan kelas
F
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-banda padat
yang ada di sekitar rumah
F
Siswa
membuat laporan hasil identifikasi benda-benda padat
Matematika
F
Siswa
menyebutkan alat-alat ukur sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
F
Siswa
menyebutkan kegunaan alat-alat ukur sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x
35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-benda cair
F
Siswa
menyebutkan sifat-sifat benda cair
PKn
F Siswa mendiskusikan mengenai pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda
F Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
F
Kelompok
lain menanggapi hasil laporan tiap kelompok
Matematika
F Siswa
membuat jam dari karton secara
berkelompok
F
Siswa
membubuhkan angka pada jam tersebut dengan tepat
Pertemuan kedua : 6 x 35
menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menjelaskan cara menggunakan huruf
kapital pada kalimat
F
Siswa
menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital
IPS
F Guru menjelaskan cara melestarikan
lingkungan alam
F
Siswa
mengidentifikasi lingkungan alam yang perlu dilestarikan
Matematika
F Guru menjelaskan tanda waktu jam
F
Siswa
membaca tanda waktu jam setengah, seperempat pada jarum jam
Pertemuan ke tiga : 6 x
35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
menjelaskan pemakaian tanda hubung
pada kalimat
F
Siswa
menggunakan tanda hubung dalam kalimat
IPA
F Siswa
membandingkan sifat berbagai benda
cair
F
Siswa
menyebutkan contoh benda cair
Matematika
F Guru
menjelaskan cara membaca tanda waktu
dalam bentuk angka atau digital
F
Siswa
membaca tanda waktu sampai lima
menit pada jarum jam
Minggu IV
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan pertama : 6 x
35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-benda gas
F Siswa menyebutkan sifat-sifat benda
gas
PKn
F Siswa mencatat kegiatan karang taruna yang
menggalang persatuan dan kesatuan
F Mendiskusikan kegiatan karang taruna
secara berkelompok
F Melaporkan hasil diskusi di depan
kelas
Matematika
F Guru menerangkan hubungan antar satuan
waktu, menit dan jam
F
Siswa
menyelesaikan soal yang berhubungan dengan satuan waktu, menit dan jam
Pertemuan kedua : 6 x 35
menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru
menjelaskan cara menulis kalimat
dengan menggunakan koma untuk memisahkan ruapiah, persepuluh dan sen
F
Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh
dan sen
F
Siswa membuat kalimat dengan menggunakan tanda
seru
IPS
F Siswa mengidentifikasi bentuk kerjasama di
lingkungan tetangga
F
Siswa
mengidentifikasi pekerjaan yang dapat dilakukan dengan gotong royong di
lingkungan rumah
Matematika
F Guru menerangkan tentang hubungan antar
satuan hari, minggu, bulan dan tahun
F
Siswa
mempraktekannya dalam bentuk soal
Pertemuan ke tiga : 6 x
35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan kata depan di dan ke pada
kalimat
F
Siswa
menggunakan kata depan di dan ke pada kalimat
IPA
F Siswa menyebutkan contoh benda-benda gas
F
Siswa
membandingkan benda gas dengan benda lainnya
Matematika
F Guru menjelaskan hubungan antar satuan
berat, kg, ons, dan gram
F
Siswa
melakukan latihan soal mengenai hubungan antar satuan berat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
VII. Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
1.
Buku Paket IPS kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
2.
LKS BUH IPS kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
3.
Buku Paket PKn kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
4.
LKS BUH PKn kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
5.
Buku Paket B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Bumi Aksara
6.
LKS BUH B.Indonesia kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
7.
Buku Paket Matematika kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
8.
LKS BUH Matematika kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
9.
Buku Paket IPA kelas 3 SD, Penerbit Erlangga
10. LKS
BUH IPA kelas 3 SD, Penerbit Madju Offset
Alat Peraga
1.
Gambar kenampakan alam
2. Gambar
kenampakan buatan
3.
Gambar peristiwa alam
4.
Teks cerita binatang
VIII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
|
1. PKn:
§
Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§
Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
§
Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§
Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
2. IPS:
§
Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§
Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
3. IPA:
§
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk
tak hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
§
Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia
melalui pengamatan gambar
§
Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan
hasil pengukuran
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
§
Menyebutkan sifat-sifat benda cair
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
4. Matematika:
§
Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya
pada garis bilangan
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dan pembagian
§
Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang
terkecil sampai yang terbesar
§
Menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
§
Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang
yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan
nilai uang
§
Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan
meteran
§
Menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
§
Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat
ukur
§
Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia:
§
Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
§
Menuliskan hal-hal penting yang didengar
tentang menolong teman
§
Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
§
Melakukan percakapan tentang pengalaman
§
Menanggapi cerita pengalaman teman
§
Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§
Membuat kesimpulan isi bacaan
§
Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn:
§
Jelaskanlah arti Sumpah Pemuda
§
Jelaskanlah latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
§
Jelaskanlah tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Jelaskanlah makna Sumpah Pemuda
§
Sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
2. IPS:
§
Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§
Jelaskanlah kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
3. IPA:
§
Bedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
§
Jelaskanlah perubahan tubuh pada manusia
melalui pengamatan gambar
§
Nafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil
pengukuran
§
Sebutkan sifat-sifat benda gas
§
Sebutkan sifat-sifat benda cair
§
Sebutkan sifat-sifat benda gas
4. Matematika:
§
Naksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya
pada garis bilangan
§
JelaskanlahPecahan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlahan dan
pengurangan
§
JelaskanlahPecahan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
§
Sebutkan nilai mata uang rupiah dari yang
terkecil sampai yang terbesar
§
Tentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai
satuan uang lainnya
§
Naksir jumlah harga dari sekelompok barang
yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Selesaikan soal cerita yang melibatkan nilai
uang
§
Naksir panjang dan lebar suatu benda dengan
meteran
§
Naksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
§
Naksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat
ukur
§
Tentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia:
§
JelaskanlahTentang menolong teman
§
Tuliskan hal-hal penting yang didengar tentang
menolong teman
§
Ceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
§
Jelaskanlahcara melakukan percakapan tentang
pengalaman
§
Jelaskanlahcara menanggapi cerita pengalaman
teman
§
Bagaimana cara mengemukakan perasaan sesuai
isi bacaan
§
Buatkanlah kesimpulan isi bacaan
§
Jelaskanlahcara mengemukakan pendapat tentang
isi bacaan
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang
kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
|
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
|
1.
2.
3..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Medan, Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN No.064979 Guru Kelas III.B
ERNAWATI LUBIS, S.Pd.SD.
DEWI LESTARI, S.Pd.
NIP :19660304 198608 2 001 NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar