RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Kuliah : Asuhan kebidanan
III (Nifas dan Menyusui)
Kode
Bidang Studi : Bd. 303
Beban
Studi : 3 SKS ( T : 2, P :
1)
Sasaran : Mahasiswa DIII
kebidanan ( Semester III )
Tempat : STIKES Helvetia
Tahun
Ajaran : 2014/2015
Pertemuan
Ke : 4
Waktu : 2x50 menit
Pokok Bahasan :
Respon orang tua terhadap bayi baru lahir
I. Standar Kompetensi
Dengan mata kuliah ini mahasiswa mampu
melaksanakan asuhan kebidanan
pada ibu nifas dengan pendekatan
manajemen kebidanan.
II. Kompetensi Dasar
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami
tentang respon orang tua terhadap bayi baru lahir.
III. Indikator
1. Mahasiswa mampu menjelaskan respon orang tua
terhadap bounding attachment.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan
respon ayah dan keluarga terhadap bayi baru lahir.
3. Mahasiswa mampu menjelaskan
respon orang tua terhadap sibling rivally.
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
mampu memahami respon orang tua terhadap bayi baru lahir.
2. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
mampu:
a. Menjelaskan respon orang tua terhadap bounding
attachment.
b. Menjelaskan respon ayah dan keluarga terhadap bayi
baru lahir.
c. Menjelaskan respon orang tua terhadap sibling rivally.
V. Materi Pembelajaran
1. Respon orang tua terhadap bounding attachment.
2. Respon ayah dan keluarga terhadap bayi baru lahir.
3. Respon orang tua terhadap sibling
rivally.
VI. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
VII. Media dan alat
1. LCD
2. Laptop
3. Whiteboard
4. Spidol
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap kegiatan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
Metode
|
Pendahuluan
|
1. Mengucapkan salam
2. Mengisi absensi
3. Apersepsi pembelajaran tentang respon orang tua terhadap
bayi baru lahir
4. Menjelaskan pokok bahasan
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran
|
Menjawab salam
Mendengarkan
dan menjawab
Menangggapi
dan menjawab
Mendengarkan
Mendengarkan
|
Daftar hadir
White board
Spidol
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Penyajian
|
1. Penyajian materi
a. Menjelaskan respon orang tua terhadap bounding
attachment
b. Menjelaskan respon ayah dan keluarga terhadap
bayi baru lahir
c. Menjelaskan respon orang tua terhadap sibling
rivally
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya
|
Mendengarkan
Mengajukan
|
Lcd
Laptop
Spidol
Whiteboard
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Penutup
|
1. Mengajukan pertanyaan secara lisan seputar materi
yang telah diberikan
2. Bersama-sama dengan mahasiswa menyimpulkan materi
pelajaran yang telah diberikan
3. Memberikan tugas kepada mahasiswa dalam bentuk
rangkuman pada mata kuliah selanjutnya
4. Menutup pertemuan dan mengucapkan salam
|
Menjawab
Menanggapi
Menanggapi dan mendengarkan
Menjawab salam
|
Lcd
Laptop
Spidol
Whiteboard
|
Ceramah Tanya jawab
|
IX. Evaluasi
1. Teori
a. Ujian tengah Semester : 30%
b. Makalah kelompok : 20%
c. Ujian akhir semester : 50%
2. Praktek
a. Presentasi & diskusi :
50%
b. Kegiatan kelompok : 20%
c. Kegiatan demonstrasi : 30%
X. Referensi
Buku Utama
1. Eny Retna
Ambarwati, 2008, Asuhan Kebidanan Nifas.
2. Suhermi, 2009,
Perawatan Masa Nifas.
3. Saleha Siti,
2009, Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar