Senin, 13 April 2015

SILABUS ASUHAN KEBIDANAN III (Nifas dan Menyusui)



SILABUS

I. IDENTITAS MATA KULIAH
1. Nama mata kuliah               :  Asuhan Kebidanan III (Nifas dan Menyusui)

2. Kode mata kuliah                :  Bd. 303

3. Jumlah Kredit/ T-P              :  3 SKS ( T: 2, P:1 )

4. Standar Kompetensi                      
Mahasiswa semester III  melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu nifas  dengan pendekatan manajemen kebidanan.

5. Deskripsi singkat
Mata kuliah ini memberikan kesempatan untuk melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas dengan  pendekatan manajemen kebidanan didasari konsep, sikap, dan keterampilan dengan pokok bahasan  konsep dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi, fisiologi dan psikologi masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini komplikasi.

6. Kompetensi Prasyarat         :  Mahasiswa harus lulus mata kuliah Askeb ibu hamil dan Askeb Ibu bersalin.

7. Kualifikasi Dosen               :  D4 Bidan Pendidik dan S2

8. Referensi
Buku Utama
1. Eny Retna Ambarwati, 2008, Asuhan Kebidanan Nifas.
2. Suhermi, 2009, Perawatan Masa Nifas.
3. Saleha Siti, 2009, Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas.

Buku Acuan
1. Soetjiningsih, 2002, ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan.
2. Manuaba, 2002, Ilmu Kandungan dan Keluarga Berencana.
3. Sarwono, 2008, Ilmu Kebidanan.
NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI DAN URAIAN
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
METODE MENGAJAR
SUMBER BELAJAR
T
P
L
1.
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar masa nifas dengan benar.
Konsep dasar masa nifas.
1. Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian masa nifas
2.  Mahasiswa Mampu menjelaskan tujuan masa nifas
3.  Mahasiswa Mampu menjelaskan peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
4.  Mahasiswa  Mampu menjelasakan tahapan masa  nifas
5. Mahasiswa Mampu mengidentifikasi kebijakan program nasional masa nifas
2x50 menit


Ceramah
Tanya jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan proses laktasi dan menyusui.


Proses laktasi dan menyusui
1.  Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi dan fisiologi payudara
2.  Mahasiswa mampu menjelaskan fisiologi laktasi
3.  Mahasiswa mampu menjelaskan dukungan bidan dalam pemberian ASI
4. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat pemberian ASI
5.  Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi Gizi dalam ASI
6. Mahasiswa mampu menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi produksi  ASI
7.  Mahasiswa mampu menjelaskan tanda bayi cukup ASI
8.  Mahasiswa mampu menjelaskan ASI eksklusif
9.  Mahasiswa mampu menjelaskan Inisiasi menyusu dini
10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara menyusui yang benar
11. Mahasiswa mampu menjelaskan masalah dalam pemberian ASI
2x50 menit


Ceramah
Diskusi
Tanya jawab

BU. 1
BU. 2
BA. 1
3
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan cara menyusui dan merawat payudara
Proses laktasi dan menyusui
1.   Mahasiswa mampu mendemonstrasikan cara merawat        payudara
2.  Mahasiswa mampu mendemonstrasikan cara menyusui yang benar

1x100 menit

Ceramah
Demonstrasi
BU. 2
BU. 3
BA. 1
4
Mahasiswa mampu memahami respon orang tua terhadap bayi baru lahir
Respon orang tua terhadap bayi baru lahir
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan bounding attachment
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan menjelaskan respon ayah dan keluarga
3.   Mahasiswa mampu menjelaskan sibling rivally
2x50 menit


Ceramah
Tanya jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
5.
mahasiswa mampu menjelaskan perubahan fisiologis masa nifas dengan jelas
Perubahan fisiologi masa nifas
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan system reproduksi pada ibu nifas: uterus, vagina dan perineum
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan system pencernaan
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan system perkemihan
4.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan system muskuluskeletal pada ibu nifas
5.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan sistem endokrin
6.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan tanda-tanda vital
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan sistem kardiovaskuler
8.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan sistem hemotologi

2x50 menit


Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
6.
Setelah perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan proses adaptasi psikologis ibu masa nifas
Proses adaptasi dan psikologis masa nifas
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan adaptasi psikologis ibu masa nifas
2.      Mahasiwa mampu memahami post partum blues
2x50 menit


Ceramah
Tanya Jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
7.
Setelah perkuliahan mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu nifas dengan benar, dan mendemonstrasikan senam nifas
Kebutuhan dasar ibu masa nifas
1.   Mahasiswa mampu menjelaskan Nutrisi dan cairan yang di butuhkan masa nifas
2.   Mahasiswa mampu menjelsakan kebutuhan Ambulasi ibu nifas
3.   Mahasiwa mampu menjelaskan Eliminasi: bak/bab masa nifas
4.   Mampu menjelaskan kebutuhan Istirahat ibu nifas
5.   Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekan kebersihan diri/perineum
6.   Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan Seksual ibu nifas
7.   Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekan latihan/ senam hamil
2x50 menit
1x100 menit

Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
Demonstrasi
BU. 1
BU. 2
BU. 3
BA. 1
8.
                                                                             Ujian Tengah Semester
9.
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasikan  asuhan masa nifas normal 
Asuhan masa nifas normal 
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan dan melaksanakn pengkajian fisik dan psikologis
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan dan melaksanakan pengkajian riwayat kesehatan ibu
3.      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemeriksaan fisik
a. Tanda-tanda vital
b. Payudara
c. Uterus
d. Kandung kemih
e. Genetalia
f. Perineum
g. Ekstrimitas bawah
4.   Mahasiswa mampu melakukan pengkajian psikologis dan pengetahuan ibu
2x50 menit
1x100

Ceramah Diskusi
Demonstrasi
Tanya jawab
BU. 2
BA. 2
BA. 3
10.
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasikan  asuhan masa nifas normal 
Asuhan masa nifas normal 
 1.  Mahasiswa mampu merumuskan
      diagnosa/ masalah aktual
a. Masalah nyeri
b. Masalah infeksi
c. Masalah cemas, perawatan  perineum, payudara, ASI ekslusif
d. Masalah KB, Gizi, tanda  bahaya, senam, menyusui
2.   Mahasiswa mampu mendemonstrasikan perawatan perineum
3.   Mahasiwa mampu menjelaskan dan merumuskan diagnosa/ masalah Potensial
 a. Gangguan perkemihan
 b. Gangguan BAB
 c. Gangguan hubungan seksual
2x50 menit
1x100 menit

Ceramah
Diskusi
Demonstrasi
Tanya jawab
BU. 2
BA. 2
BA. 3
11.
Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan masa nifas normal 
Asuhan masa nifas normal 
1.   Mahasiswa mampu menjelaskan dan merencanakan asuhan kebidanan
a. Evaluasi secara terus menerus
b. Gangguan rasa nyeri
c. Mengatasi infeksi
d.Mengatasi cemas
e. Menjelaskan tentang gizi, KB tanda bahaya, hubungan seksual, senam nifas, perawatan perineum, perawatan bayi sehari-hari, dll.
f. Memberika kenyamanan pada ibu
g. Membantu ibu untuk  menyusui bayi
h.  Memfasilitasi menjadi orang tua
i.   Persiapan pasien pulang
j.   Anticipatori guidance
2.   Mahasiswa mampu menjelaskan dan melaksanaan tindakan mandiri dan kolaborasi asuhan kebidanan
 a. Tindakan mandiri
 b. Kolaborasi
 c. Tindakan pengawasan
 d. Pendidikan/penyuluhan
3.   Mahasiswa mampu melaksanakan Evaluasi asuhan kebidanan
a. Tujuan asuhan kebidanan
b. Kolaborasi
c. Tindakan pengawasan
d. Pendidikan/penyuluhan
2x50 menit


Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
BU. 2
BA. 2
BA. 3
12.
Mahasiswa mampu menjelaskan program tindak lanjut asuhan nifas di rumah

Program tindak lanjut asuhan nifas di rumah
1.   Mahasiswa mampu menjelaskan jadwal kunjungan rumah
2.   Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan lanjutan masa nifas di rumah




2x50 menit


Ceramah
Tanya jawab
BU. 1
BU. 2
13.
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi dini komplikasi masa nifas dan penanganannya
Mendeteksi dini komplikasi masa nifas
1.      Mahasiwa mampu melaksanakan deteksi dini komplikasi masa nifas dan penanganannya
a.Mampu menjelaskan  pengertian dan penanganan perdarahan post partum
b.Mampu menjelasakan pengertian dan penanganan infeksi masa nifas
c.Mampu menjelasakan dan penanganan sakit kepala, nyeri epigastrik, penglihatan kabur
d.Mampu menjelasakan dan penanganan pembengkakan di wajah atau ekstrimitas
e. Mampu menjelasakan dan penanganan demam, muntah, rasa sakit waktu berkemih
2x50 menit


Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
BA. 2
BA. 3
14.
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi dini komplikasi masa nifas dan penanganannya
Mendeteksi dini komplikasi masa nifas
1.   Mahasiwa mampu melaksanakan deteksi dini komplikasi masa nifas dan penanganannya
a. Mampu menjelasakan dan penanganan payudara yang berubah menjadi merah, panas dan atau terasa sakit
b. Mampu menjelasakan dan penanganan kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama
c. Mampu menjelasakan dan penanganan rasa sakit, merah, lunak dan pembengkakan di kaki
d. Mampu menjelasakan dan penanganan merasa sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
2x50 menit


Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
BA. 2
BA. 3
15.
Mahasiswa mampu mempresentasikan
pendokumentasian masa nifas sesuai dengan menejement kebidanan dengan benar
Pendokumentasian kebidanan
Mampu mempresentasikan pencatatan dan asuhan dengan 7 langkah varney dengan benar yaitu : pengkajian, mendiagnosa/masalah/kebiutuhan, diagnose potensial, kebutuhan segera, intervensi, implementasi, evaluasi
2x50 menit


Diskusi
Tanya jawab
BU. 1
BU. 2
BU. 3
16
                                                                                     Ujian Semester











Tidak ada komentar: