BAB
III
METODE
PENELITIAN
3.1.
Jenis Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah survei
dengan desaincross sectional yaitu suatu penelitian dimana pengumpulan
data variabelbebas dan terikatnya dilakukan secara bersama-sama atau sekaligus.
3.2.
Populasi dan Sampel Penelitian
3.2.1.
Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak usia 2-5tahun yang bertempat tinggal di Puskesmas
Pekan Labuhan Belawantahun 2013.
3.2.2.
Sampel
Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 2-5
tahun.Sedangkan responden adalahseluruh
ibu dari anak usia 2-5 tahun sebanyak 40Adapun kriteria sampel
adalah sebagai berikut :
a.
Kriteria inklusi
1.
Anak Usia 2-5 tahun yang bertempat
tinggal di Kecamatan Pekan labuhan Belawan
2.
Anak Usia 2-5 tahun yang terdaftar di
Posyandu
b.
Kriteria ekslusi
1.
Anak yang pada saat lahir mempunyai
kelainan bawaan
2.
Anak yang mempunyai riwayat prematur
3.
Anak yang mempunyai Berat Badan Lahir
Rendah (BBLR)
3.4. Variabel Penelitian
- Variabel bebas penelitian meliputi tingkat pendidikan ibu, tingkat pendapatan per kapita,
- Variabel terikat penelitian adalah status gizi anak usia 2-5 tahun yang diukur dengan skor Z indeks BB/U
3.5. Definisi Operasional
- Faktor sosial ekonomi adalah kondisi sosial ekonomi keluargaresponden yang dinilai dari tingkat pendidikan ibu, tingkatpendapatan per kapita, tingkat pengetahuan ibu tentang gizi danjumlah anggota keluarga.
a.
Tingkat pendidikan Ibu
Adalah jumlah tahun
sukses sekolah yang diperoleh ibu daripendidikan formal yang diikuti.Skala :
rasio
b.
Tingkat pendapatan per kapita
Adalah jumlah
pendapatan tetap dan sampingan dari kepalakeluarga, ibu, dan anggota keluarga
lain dalam 1 bulan dibagijumlah seluruh anggota keluarga yang dinyatakan dalam
rupiahper kapita per bulan.
Untuk keperluan
analisis, tingkat pendapatan per kapita dibagidalam 2 kategori yaitu :
1).
Miskin : jika pendapatan/kapita
/bulan ≤ Rp UMR
2).
Tidak miskin : jika
pendapatan/kapita/bulan >UMR
Skala : rasio
c.
Jumlah anggota keluarga
Adalah jumlah anggota
keluarga yang menjadi tanggung jawab
kepala keluarga. Untuk
keperluan analisis, jumlah anggota
keluarga dibagi dalam 2
kategori yaitu:
1). Sedikit : jika
jumlah anggota keluarganya < 6
2). Banyak : jika
jumlah anggota keluarganya ≥ 6
Skala : rasio
- Status Gizi
Adalah skor z dengan
indeks BB/U dari anak usia 2-5 tahun diukurdengan menggunakan baku rujukan WHO-NCHS yang dihitungsecara
manual.
Rumus untuk menghitung
skor z adalah sebagai berikut :
Berat badan saat ini – Median
Skor z=_______________________________________
SD (median -(-1SD)
Kategori status gizi
berdasarkan skor z dengan indeks BB/U adalah:
a)
Gizi lebih : > 2 SD baku
WHO-NCHS
b)
Gizi baik : - 2 SD s/d +2 SD
c)
Gizi kurang : - 3 SD s/d -2 SD
d) Gizi
buruk : < -3 SD
Skala : rasio
3.6.Instrumen Penelitian
- Kuesioner untuk mengumpulkan data primer
- Formulir recall konsumsi makanan untuk 3 hari secara tidak berturutan
- Timbangan badan injak dengan merek Nikita dan ketelitian 0,1 kg
- Kartu Menuju Sehat (KMS)
3.7. Teknik Pengumpulan Data
- Pengambilan data sekunder dari DKK Puskesmas Pekan Labuhan Belawanuntukmemperoleh data balita meliputi jumlah, nama dan alamat anak.
- Memilih sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi
- Melakukan wawancara langsung dan observasi kepada respondenuntuk mengetahui faktor sosial ekonomi, kejadian infeksi, dansanitasi lingkungan.
- Melakukan recall konsumsi selama 24 jam selama tiga hari tidakberturutan untuk mengetahui konsumsi energi dan protein sampel.
Selanjutnya diolah
menjadi tingkat konsumsi energi dan protein.
- Setelah data terkumpul semua dilakukan pengolahan data.
3.8. Pengolahan Data
Setelah data dikumpulkan, dilakukan pengolahan data
dengan tahaptahapsebagai berikut (Budiarto, 2002) :
- Editing
Editing merupakan langkah
untuk meneliti kelengkapan data yangdiperoleh melalui wawancara. Editing
dilakukan pada setiap daftarpertanyaan yang sudah diisi. Editing meliputi
kelengkapanpengisian, kesalahan pengisian, konsistensi, dan relevansi
darisetiap jawaban yang diberikan. Editing dilakukan di lapangan.Peneliti
mengumpulkan dan memeriksa kembali kelengkapanjawaban dari kuesioner yang
diberikan. Hasil editing didapatkansemua data terisi lengkap dan benar.
Adalah usaha untuk
mengklasifikasikan jawaban yang ada menurutjenisnya. Dilakukan dengan memberi
tanda pada masing-masingjawaban dengan kode berupa angka. Selanjutnya kode
tersebutdimasukkan dalam tabel kerja untuk mempermudah dalampembacaan.
- Tabulating
Adalah kegiatan
memasukkan data-data hasil penelitian ke dalamtabel berdasarkan variabel yang
diteliti.
3.9.
Analisa
data
Analisa deskriptif dibuat dengan menggunakan
tabel-tabel untukmenggambarkan tingkat pendidikan ibu, tingkat pendapatan
perkapita, tingkat pengetahuan ibu tentang gizi, jumlah anggotakeluarga,
kejadian ISPA dan diare, higiene sanitasi lingkungan,tingkat konsumsi energi,
tingkat konsumsi protein, dan status gizianak usia 2-5 tahun di Puskesmas Pekan
Labuhan BelawanTahun 2013
seangkan untuk mengetahui hubungan varariabel bebas dengan variabel terikat
maka data dianalisa dengan uji ujiChisquare.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar