Selasa, 09 Desember 2014

CONTOH KUESIONER ASKEB II


Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan II
Kode Mata Kuliah : Bd. 302
SKS : 4 SKS
Soal hasil belajar asuhan kebidanan persalinan
Nama               :                                                                                              
Nim/Kelas       :
Mata Kuliah    :
Jawablah pertanyaan ini dengan menyilang (X) pada salah satu jawaban yang anda anggap benar.
Konsep dasar asuhan kebidanan pada ibu dalam masa persalinan
Pengertian Persalinan
1.              Persalinan disebut juga dengan....
a.          Proses pengeluaran plasenta sampai 2 jam persalinan.
b.          Proses pembukaan 1-10 cm.
c.           Proses pengeluaran bayi, plasenta dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu.
d.          Proses yang terjadi setelah 2 jam persalinan
2.              Proses pengeluaran bayi disertai plasenta dan selaput ketuban disebut dengan?
a.          Kehamilan
b.         Persalinan
c.          Keguguran
d.         Kuretase
3.              Yang bukan merupakan kebutuhan dasar selama persalinan yaitu …
a.          tempat persalinan
b.         penolong
c.          persiapan fisisk dan menyal ibu
d.         tidak membawa peralatan bayi
4.              Agar ibu dalam melewati proses persalinannya merasa nyaman, maka hal yang dapat dilakukan bidan dan keluarga sebagai wujud asuhan sayang ibu adalah...
a.          Memarahi ibu saat mersakan kesakitan
b.         Tidak menunggui ibu saat proses persalinan
c.          Tidak memberikan makan ato minum pada ibu
d.         Memberikan dukungan emosional
5.              Peristiwa di bawah ini yang merupakan bentuk asuhan sayang ibu yaitu...
a.          Saat ibu inpartu, bidan menganjurkan pada keluarga untuk memberikan cairan dan nutrisi pada ibu bersalin.
b.         Bidan melakukan tindakan kateterisasi secara rutin agar ibu bisa BAK.
c.          Bidan melakukan enema pada setiap ibu inpartu.
d.         Bidan melakukan pencukuran rambut pubis pada setiap ibu bersalin.
6.              Diketahui seorang ibu inpartu hamil anak pertama, mengeluh mengeluarkan lendir bercampur darah dari kemaluannya. Saat dilakukan pemeriksaan VT oleh bidan, mulai saat pasien datang mengalami pembukaan satu dipantau sampai ibu mengalami pembukaan lengkap. Berdasarkan teori, hal tersebut merupakan...
a.          Tahapan persalinan pada kala 1
b.         Tahapan persalinan pada kala 2
c.          Tahapan persalinan pada kala 3
d.         Tahapan persalinan pada kala 4
7.              Seorang ibu dalam masa inpartu. Bidan Sinta menganjurkan ibu bersalin untuk merubah posisi miring kanan atau kiri, agar ibu merasa lebih nyaman. Berdasarkan kasus di atas, tindakan yang dilakukan bidan adalah wujud dari...
a.          Membuat keputusan klinik
b.         Tindakan pencegahan infeksi
c.          Asuhan sayang ibu
d.         Tindakan pendokumentasian
8.              Yang merupakan sebab-sebab mulanya persalinan
a.          Penurunan kadar progesterone
b.         Akhir kehamilan kadar oksitosin bertambah sehingga otot-otot rahim berkontraksi.
c.          Dengan majunya kehamilan maka makin tereganglah otot-otot rahim
d.         Semua jawaban benar.
9.              Fungsi dari hormone esterogen adalah
a.          Meningkatkan sensitifitas otot rahim
b.         Memudahkan penerimaan rangsangan dari luar seperti rangsangan oksitosin, rangsangan prostaglandin 
c.           a dan b Salah
d.         a dan b Benar
10.          Fungsi dari hormone progesterone adalah
a.          Menurunkan sensifitas otot rahim
b.         Menyulitkan penerimaan rangsangan dari luar seperti oksitosin, rangsangan prostaglanding
c.          A  dan b Salah
d.         A dan b Benar
Tahapan Persalinan
11.          Yang dapat dilakukan bidan untuk mengatasi perubahan psikologis pada ibu bersalin adalah….
a.          Memberikan informasi tentang keadaan ibu dan janinnya
b.         Memberikan support
c.          Menghadirkan pendamping persalinan yaitu suami dan atau keluarga
d.         Semua jawaban benar
12.          Masalah psikologis yang mungkin terjadi pada kala I yaitu
a.          Ibu mengatakan merasa nyaman.
b.         Ibu mengatakan mampu mengontrol diri.
c.          Ibu mengatakan cemas menghadapi persalinan.
d.         semua jawaban salah.
13.          Bidan menganjurkan pada ibu untuk mengatur posisi yang nyaman selama persalinan. Hal tersebut merupakan kebutuhan….
a.          Kebutuhan fisik dan psikologis
b.         Kebutuhan primer
c.          Kebutuhan mendesak
d.         Kebutuhan sekunder
14.          Apa tujuan dilakukan manajemen kebidanan...
a.          Memberikan asuhan kebidanan yang adekuat, komprehensif dan terstandart  pada ibu intranatal dengan memperhatikan riwayat ibu selama kehamilan dan respon ibu serta mengantisipasi resiko-resiko yang terjadi selama proses persalianan
b.         Merugikan ibu selama persalinan
c.          Menakuti ibu hamil
d.         Semua jawaban salah
15.          Seorang ibu sedang berada dalam masa transisi persalinan, jika ditinjau dari aspek psikologis, ibu menunjukkan keadaan yang bagaimana?
a.          Ibu menunjukkan perasaan tidak pasti, kadang bahagia, kadang cemas.
b.         Ibu menunjukkan reaksi adanya keinginan yang kuat untuk menghadapi persalinan.
c.          Ibu tampak semakin tegang dan mulai tergantung.
d.         Ibu tampak semakin cemas, semakin tergantung, peningkatan pada semua yang dirasakan pada fase sebelumnya, merupakan fase paling melelahkan dan berat, kadang merasa tidak sanggup untuk melahirkan.
16.          Seorang ibu inpartu datang ke bidan Anik dengan keluhan nyeri menjlara kepinggang , disertai pengeluaran lendir bercampur darah. Manajemen awal yang dilakukan bidan adalah
a.          Anamnese
b.         Pemeriksaan fisik
c.          Pemeriksaan khusus
d.         Pemeriksaan penunjang
17.          Seorang ibu hamil anak pertama datang ke bidan Inka dengan keluhan mengeluarkan lendir disertai darah cukup banyak sejak 2 jam yang lalu. Manajemen kelima yang dilakukan bidan adalah
a.          Anamnese
b.         Mengumpulkan data dasar
c.          Mengantisipasi maslah potensial
d.         Merencanakan untuk melakukan pamariksaan kehamilan head to too.
18.          Diketahui Ibu inpartu, saat dilakukan pemeriksaan fisik oleh bidan, mengalami pembukaan serviks 4 cm, setelah 4 jam; kontraksi teratur (> 3 x/ 30” selama 10’). Berdasarkan hasil pemeriksaan bidan, maka diagnosa yang tepat adalah…
a.          Inpartu kala I fase laten.
b.         Inpartu kala I fase aktif.
c.          Persalinan palsu.
d.         Inpartu fase laten memanjang.
19.          Perubahan fisiologis pada kala II adalah kontraksi, dorongan otot-otot dinding uterus, pergeseran organ dasar panggul, ekspulsi janin. Yang dimaksud kala II adalah….
a.          Persalinan
b.         Pembukaan
c.          Nifas
d.         Pengeluaran uri
20.          Asuhan sayang ibu saat dianjurkan untuk memberikan kenyamanan saat bersalin, salah satunya adalah membantu ibu untuk memilih posisi meneran yang benar adalah….
a.          Berdiri
b.         Jongkok
c.          A,B benar semua
d.         A,B salah semua














INSTRUMEN PENELITIAN
HUBUNGAN  KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN  PRESTASI
BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN BAKTI INANG PERSADA MEDAN
Daftar berikut berkaitan dengan identitas responden.
1.      Nama               : …………………………………………………..
2.      Kelas/Nim       : …………………………………………………..
3.      Umur               :…………………………………………………..
PETUNJUK PENGISIAN
            Anda diminta memberikan pendapat atas pernyataan di bawah ini, dengan cara memberikan tanda check (_) pada baris yang telah disediakan, dan setiap alternatif jawaban tidak mewujudkan salah atau benar.
            Kami sangat menghargai waktu yang anda gunakan untuk mengisi instrumen ini secara jujur. dan kerahasiaan identitas anda akan kami jaga sesuai
dengan etika penelitian.
PERTANYAAN
SS : Jika pertanyaan tersebut SANGAT SESUAI dengan diri anda.
S : Jika pertanyaan tersebut SESUAI dengan diri anda.
TS : Jika pertanyaan tersebut TIDAK SESUAI dengan diri anda.
STS : Jika pertanyaan tersebut SANGAT TIDAK SESUAI dengan diri

No

Pernyataan

SS

S

TS

STS

1

Dalam kondisi frustasi, saya mengetahui faktor penyebabnya

 

 

 

 

2

Setiap mengambil keputusan dan melaksanakannya, saya berada dalam kondisi sadar

 

 

 

 

3

Saya meluangkan waktu untuk merenung dan belajar dari pengalaman

 

 

 

 

4

Saya mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan tugas apapun dengan penuh keyakinan

 

 

 

 

5

Saya mampu membuat keputusan yang baik dalam kondisi tertekan

 

 

 

 

6

Saya terus belajar dan mengembangkan diri untuk sukses

 

 

 

 

7

Saya menahan perasaan-perasaan negatif dan emosi yang menekan dalam setiap menjalankan tugas

 

 

 

 

8

Saya menghadapi situasi yang sulit dengan penuh kesabaran

 

 

 

 

9

Saya dapat berpikir jernih dalam keadaan tertekan

 

 

 

 

10

Saya bertindak sesuai norma dalam menjalankan tugas

 

 

 

 

11

Dalam menjalankan tugas, saya memegang teguh prinsip kejujuran

 

 

 

 

12

Saya menyesuaikan diri dalam setiap kondisi dan situasi

 

 

 

 

13

Untuk meningkatkan kualitas kerja, saya mencari gagasan baru dari berbagai sumber

 

 

 

 

14

Saya berhati-hati terhadap orang yang baru saya kenal

 

 

 

 

15

Saya memiliki  semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik

 

 

 

 

16

Saya suka mencoba hal-hal baru

 

 

 

 

17

Saya mampu menyesuaikan diri dengan tujuan kelompok atau organisasi

 

 

 

 

18

Saya siap memanfaatkan peluang

 

 

 

 

19

Saya tertarik pada pekerjaaan yang menuntut saya memberikan gagasan baru

 

 

 

 

20

Saya selalu mencoba lagi jika pernah gagal pada pekerjaan yang sama

 

 

 

 

21

Saya senang menghadapi tantangan untuk memecahkan masalah

 

 

 

 

22

Saya memandang kegagalan atau kemunduran sebagai situasi yang dapat dikendalikan ketimbang sebagai kekurangan pribadi

 

 

 

 

23

Saat orang lain sedang berbicara, saya menjadi pendengar yang baik dan memperhatikannya

 

 

 

 

24

Saya mampu mengetahui bagaimana perasaan orang lain terhadap saya

 

 

 

 

25

Saya mampu memberikan dorongan kepada orang lain

 

 

 

 

26

Saya dapat membuat orang lain yang tidak saya kenal bercerita tentang diri mereka

 

 

 

 

27

Dalam suatu pertemuan, apa yang saya sampaikan biasanya menarik perhatian orang lain

 

 

 

 

28

Ketika teman-teman saya memiliki masalah, mereka meminta nasihat dari saya

 

 

 

 

29

Saya bisa menempatkan diri pada posisi orang lain

 

 

 

 

30

Saya bekerja sama dengan orang lain dalam menjalankan tugas

 

 

 

 

31

Saya dapat menerima kritik dengan pikiran terbuka dan menerimanya bila hal itu dapat dibenarkan

 

 

 

 

32

Saya mampu untuk mengembangkan topik pembicaraan dengan orang lain

 

 

 

 

33

Saya mampu untuk memberikan gagasan atau ide-ide ke orang lain

 

 

 

 

34

Saya membantu orang lain untuk menyelesaikan kesulitan yang mereka hadapi

 

 

 

 

35

Saya memiliki semanagat dalam kepemimpinan

 

 

 

 

36

Saya mampu bekerja sama dengan kelompok untuk mencapai tujuan

 

 

 

 

           

Tidak ada komentar: