Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan II
Kode Mata Kuliah : Bd. 302
SKS : 4 SKS
Soal
hasil belajar asuhan kebidanan persalinan
Nama :
Nim/Kelas :
Mata
Kuliah :
Jawablah
pertanyaan ini dengan menyilang (X)
pada salah satu jawaban yang anda anggap benar.
Konsep dasar asuhan kebidanan pada
ibu dalam masa persalinan
Pengertian Persalinan
1.
Persalinan disebut juga dengan....
a.
Proses pengeluaran plasenta sampai 2 jam
persalinan.
b.
Proses pembukaan 1-10 cm.
c.
Proses pengeluaran bayi, plasenta
dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu.
d.
Proses yang terjadi setelah 2 jam
persalinan
2.
Proses pengeluaran bayi disertai
plasenta dan selaput ketuban disebut dengan?
a.
Kehamilan
b.
Persalinan
c.
Keguguran
d.
Kuretase
3.
Yang bukan merupakan kebutuhan
dasar selama persalinan yaitu …
a.
tempat persalinan
b.
penolong
c.
persiapan fisisk dan menyal ibu
d.
tidak membawa peralatan bayi
4.
Agar ibu dalam melewati proses
persalinannya merasa nyaman, maka hal yang dapat dilakukan bidan dan keluarga
sebagai wujud asuhan sayang ibu adalah...
a.
Memarahi ibu saat mersakan kesakitan
b.
Tidak menunggui ibu saat proses
persalinan
c.
Tidak memberikan makan ato minum pada
ibu
d.
Memberikan dukungan emosional
5.
Peristiwa di bawah ini yang merupakan
bentuk asuhan sayang ibu yaitu...
a.
Saat ibu inpartu, bidan menganjurkan
pada keluarga untuk memberikan cairan dan nutrisi pada ibu bersalin.
b.
Bidan melakukan tindakan kateterisasi
secara rutin agar ibu bisa BAK.
c.
Bidan melakukan enema pada setiap ibu
inpartu.
d.
Bidan melakukan pencukuran rambut pubis
pada setiap ibu bersalin.
6.
Diketahui seorang ibu inpartu hamil anak
pertama, mengeluh mengeluarkan lendir bercampur darah dari kemaluannya. Saat
dilakukan pemeriksaan VT oleh bidan, mulai saat pasien datang mengalami
pembukaan satu dipantau sampai ibu mengalami pembukaan lengkap. Berdasarkan
teori, hal tersebut merupakan...
a.
Tahapan persalinan pada kala 1
b.
Tahapan persalinan pada kala 2
c.
Tahapan persalinan pada kala 3
d.
Tahapan persalinan pada kala 4
7.
Seorang ibu dalam masa inpartu. Bidan
Sinta menganjurkan ibu bersalin untuk merubah posisi miring kanan atau kiri,
agar ibu merasa lebih nyaman. Berdasarkan kasus di atas, tindakan yang
dilakukan bidan adalah wujud dari...
a.
Membuat keputusan klinik
b.
Tindakan pencegahan infeksi
c.
Asuhan sayang ibu
d.
Tindakan pendokumentasian
8.
Yang merupakan sebab-sebab mulanya
persalinan
a.
Penurunan kadar progesterone
b.
Akhir kehamilan kadar oksitosin
bertambah sehingga otot-otot rahim berkontraksi.
c.
Dengan majunya kehamilan maka makin
tereganglah otot-otot rahim
d.
Semua jawaban benar.
9.
Fungsi dari hormone esterogen adalah
a.
Meningkatkan sensitifitas otot rahim
b.
Memudahkan penerimaan rangsangan dari
luar seperti rangsangan oksitosin, rangsangan prostaglandin
c.
a dan b Salah
d.
a dan b Benar
10.
Fungsi dari hormone progesterone adalah
a.
Menurunkan sensifitas otot rahim
b.
Menyulitkan penerimaan rangsangan dari luar
seperti oksitosin, rangsangan prostaglanding
c.
A
dan b Salah
d.
A dan b Benar
Tahapan
Persalinan
11.
Yang dapat dilakukan bidan untuk
mengatasi perubahan psikologis pada ibu bersalin adalah….
a.
Memberikan informasi tentang keadaan ibu
dan janinnya
b.
Memberikan support
c.
Menghadirkan pendamping persalinan yaitu
suami dan atau keluarga
d.
Semua jawaban benar
12.
Masalah psikologis yang mungkin terjadi
pada kala I yaitu
a.
Ibu mengatakan merasa nyaman.
b.
Ibu mengatakan mampu mengontrol diri.
c.
Ibu mengatakan cemas menghadapi persalinan.
d.
semua jawaban salah.
13.
Bidan menganjurkan pada ibu untuk
mengatur posisi yang nyaman selama persalinan. Hal tersebut merupakan
kebutuhan….
a.
Kebutuhan fisik dan psikologis
b.
Kebutuhan primer
c.
Kebutuhan mendesak
d.
Kebutuhan sekunder
14.
Apa tujuan dilakukan manajemen
kebidanan...
a.
Memberikan asuhan kebidanan yang
adekuat, komprehensif dan terstandart pada ibu intranatal dengan
memperhatikan riwayat ibu selama kehamilan dan respon ibu serta mengantisipasi
resiko-resiko yang terjadi selama proses persalianan
b.
Merugikan ibu selama persalinan
c.
Menakuti ibu hamil
d.
Semua jawaban salah
15.
Seorang ibu sedang berada dalam masa
transisi persalinan, jika ditinjau dari aspek psikologis, ibu menunjukkan
keadaan yang bagaimana?
a.
Ibu menunjukkan perasaan tidak pasti,
kadang bahagia, kadang cemas.
b.
Ibu menunjukkan reaksi adanya keinginan
yang kuat untuk menghadapi persalinan.
c.
Ibu tampak semakin tegang dan mulai
tergantung.
d.
Ibu tampak semakin cemas, semakin
tergantung, peningkatan pada semua yang dirasakan pada fase sebelumnya,
merupakan fase paling melelahkan dan berat, kadang merasa tidak sanggup untuk
melahirkan.
16.
Seorang ibu inpartu datang ke bidan Anik
dengan keluhan nyeri menjlara kepinggang , disertai pengeluaran lendir
bercampur darah. Manajemen awal yang dilakukan bidan adalah
a.
Anamnese
b.
Pemeriksaan fisik
c.
Pemeriksaan khusus
d.
Pemeriksaan penunjang
17.
Seorang ibu hamil anak pertama datang ke
bidan Inka dengan keluhan mengeluarkan lendir disertai darah cukup banyak sejak
2 jam yang lalu. Manajemen kelima yang dilakukan bidan adalah
a.
Anamnese
b.
Mengumpulkan data dasar
c.
Mengantisipasi maslah potensial
d.
Merencanakan untuk melakukan pamariksaan
kehamilan head to too.
18.
Diketahui Ibu inpartu, saat dilakukan
pemeriksaan fisik oleh bidan, mengalami pembukaan serviks 4 cm, setelah 4 jam;
kontraksi teratur (> 3 x/ 30” selama 10’). Berdasarkan hasil pemeriksaan
bidan, maka diagnosa yang tepat adalah…
a.
Inpartu kala I fase laten.
b.
Inpartu kala I fase aktif.
c.
Persalinan palsu.
d.
Inpartu fase laten memanjang.
19.
Perubahan fisiologis pada kala II adalah
kontraksi, dorongan otot-otot dinding uterus, pergeseran organ dasar panggul,
ekspulsi janin. Yang dimaksud kala II adalah….
a.
Persalinan
b.
Pembukaan
c.
Nifas
d.
Pengeluaran uri
20.
Asuhan sayang ibu saat dianjurkan untuk
memberikan kenyamanan saat bersalin, salah satunya adalah membantu ibu untuk
memilih posisi meneran yang benar adalah….
a.
Berdiri
b.
Jongkok
c.
A,B benar semua
d.
A,B salah semua
INSTRUMEN
PENELITIAN
HUBUNGAN
KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI
BELAJAR
MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN BAKTI INANG PERSADA MEDAN
Daftar
berikut berkaitan dengan identitas responden.
1.
Nama
: …………………………………………………..
2.
Kelas/Nim : …………………………………………………..
3.
Umur :…………………………………………………..
PETUNJUK
PENGISIAN
Anda diminta memberikan pendapat
atas pernyataan di bawah ini, dengan cara memberikan tanda check (_) pada baris
yang telah disediakan, dan setiap alternatif jawaban tidak mewujudkan salah
atau benar.
Kami sangat menghargai waktu yang
anda gunakan untuk mengisi instrumen ini secara jujur. dan kerahasiaan
identitas anda akan kami jaga sesuai
dengan etika
penelitian.
PERTANYAAN
SS :
Jika pertanyaan tersebut SANGAT SESUAI dengan diri anda.
S :
Jika pertanyaan tersebut SESUAI dengan diri anda.
TS :
Jika pertanyaan tersebut TIDAK SESUAI dengan diri anda.
STS :
Jika pertanyaan tersebut SANGAT TIDAK SESUAI dengan diri
No |
Pernyataan |
SS |
S |
TS |
STS |
1 |
Dalam kondisi frustasi, saya mengetahui faktor penyebabnya |
|
|
|
|
2 |
Setiap mengambil keputusan dan melaksanakannya, saya berada dalam kondisi sadar |
|
|
|
|
3 |
Saya meluangkan waktu untuk merenung dan belajar dari pengalaman |
|
|
|
|
4 |
Saya mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan tugas apapun dengan penuh keyakinan |
|
|
|
|
5 |
Saya mampu membuat keputusan yang baik dalam kondisi tertekan |
|
|
|
|
6 |
Saya terus belajar dan mengembangkan diri untuk sukses |
|
|
|
|
7 |
Saya menahan perasaan-perasaan negatif dan emosi yang menekan dalam setiap menjalankan tugas |
|
|
|
|
8 |
Saya menghadapi situasi yang sulit dengan penuh kesabaran |
|
|
|
|
9 |
Saya dapat berpikir jernih dalam keadaan tertekan |
|
|
|
|
10 |
Saya bertindak sesuai norma dalam menjalankan tugas |
|
|
|
|
11 |
Dalam menjalankan tugas, saya memegang teguh prinsip kejujuran |
|
|
|
|
12 |
Saya menyesuaikan diri dalam setiap kondisi dan situasi |
|
|
|
|
13 |
Untuk meningkatkan kualitas kerja, saya mencari gagasan baru dari berbagai sumber |
|
|
|
|
14 |
Saya berhati-hati terhadap orang yang baru saya kenal |
|
|
|
|
15 |
Saya memiliki semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik |
|
|
|
|
16 |
Saya suka mencoba hal-hal baru |
|
|
|
|
17 |
Saya mampu menyesuaikan diri dengan tujuan kelompok atau organisasi |
|
|
|
|
18 |
Saya siap memanfaatkan peluang |
|
|
|
|
19 |
Saya tertarik pada pekerjaaan yang menuntut saya memberikan gagasan baru |
|
|
|
|
20 |
Saya selalu mencoba lagi jika pernah gagal pada pekerjaan yang sama |
|
|
|
|
21 |
Saya senang menghadapi tantangan untuk memecahkan masalah |
|
|
|
|
22 |
Saya memandang kegagalan atau kemunduran sebagai situasi yang dapat dikendalikan ketimbang sebagai kekurangan pribadi |
|
|
|
|
23 |
Saat orang lain sedang berbicara, saya menjadi pendengar yang baik dan memperhatikannya |
|
|
|
|
24 |
Saya mampu mengetahui bagaimana perasaan orang lain terhadap saya |
|
|
|
|
25 |
Saya mampu memberikan dorongan kepada orang lain |
|
|
|
|
26 |
Saya dapat membuat orang lain yang tidak saya kenal bercerita tentang diri mereka |
|
|
|
|
27 |
Dalam suatu pertemuan, apa yang saya sampaikan biasanya menarik perhatian orang lain |
|
|
|
|
28 |
Ketika teman-teman saya memiliki masalah, mereka meminta nasihat dari saya |
|
|
|
|
29 |
Saya bisa menempatkan diri pada posisi orang lain |
|
|
|
|
30 |
Saya bekerja sama dengan orang lain dalam menjalankan tugas |
|
|
|
|
31 |
Saya dapat menerima kritik dengan pikiran terbuka dan menerimanya bila hal itu dapat dibenarkan |
|
|
|
|
32 |
Saya mampu untuk mengembangkan topik pembicaraan dengan orang lain |
|
|
|
|
33 |
Saya mampu untuk memberikan gagasan atau ide-ide ke orang lain |
|
|
|
|
34 |
Saya membantu orang lain untuk menyelesaikan kesulitan yang mereka hadapi |
|
|
|
|
35 |
Saya memiliki semanagat dalam kepemimpinan |
|
|
|
|
36 |
Saya mampu bekerja sama dengan kelompok untuk mencapai tujuan |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar