Faktor-faktor
Yang Mempengaruhi Belajar
Menurut Dalyono(12)
berhasil atau tidaknya seseorang dalam belajar disebabkan beberapa factor yang
mempengaruhi pencapaian hasil belajar yaitu berasal dari dalam dan adapula dari
luar dirinya diantaranya yaitu :
1.
Faktor internal (yang berasal dari dalam
diri)
a.
Kesehatan
Kesehatan jasmani dan
rohani sangat besar pengaruhnya terhadap kemampuan belajar, bila seseorang
selalu tidak sehat dapat mengakibatkan tidak bergairah untuk belajar. Demikian
pula halnya jika kesehatan rohani (jiwa) kurang baik, misalnya mengalami
gangguan pemikiran, perasaan kecewa karena konflik dengan orang tua, pacar hal
ini dapat mengganggu atau mengurangi semangat belajar. Karena itu, pemeliharaan
kesehatan sangat penting bagi setiap orang baik fisik maupun mental agar badan
tetap kuat, pikiran selalu segar dan bersemangat dalam melaksanakan kegiatan
belajar.
b.
Intelegensi dan bakat
Intelegensi adalah
kecakapan yang terdiri dari tiga jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan
menyesuaikan kedalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif,
mengetahui/menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, dan
mempelajari dengan cepat.
Bakat adalah kemampuan
untuk belajar. kemampuan itu baru akan terealisasi menjadi kecakapan yang nyata
sesudah belajar atau berlatih. Misalnya jika bahan pelajaran yang dipelajari
siswa sesuai dengan bakatnya, maka hasil belajarnya lebih baik karena ia senang
belajar dan lebih giat lagi dalambelajarnya. (13)
c.
Minat dan motivasi
Minat dan motivasi
adalah dua aspek psikis yang juga besar pengaruhnya terhadap pencapaian
prestasi belajar, minat dapat timbul karena daya tarik dan juga datang dari
hati sendiri. Timbulnya minat belajar disebabkan berbagai hal, antara lain
karena keinginan yang kuat untuk menaikkan martabat atau memperoleh pekerjaan
yang baik serta ingin hidup senang dan bahagia.
Motivasi adalah daya penggerak/pendorong untuk
melakukan suatu pekerjaan yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar.
Motivasi yang datang dari diri sendiri yaitu dorongan yang datang dari hati
sendiri umumnya karena kesadaran akan pentingnya sesuatu. Motivasi yang berasal
dari luar yaitu dorongan yang datang dari luar diri (lingkungan), misalnya dari
orang tua, guru, teman dan anggota masyarakat.
2.
Faktor eksternal (yang berasal dari luar)
a.
Keluarga (cara orang tua mendidik dan
pengertian orang tua)
Keluarga adalah lembaga
pendidikan yang pertama dan utama. Jika orang tua yang kurang/tidak
memperhatikan pendidikan anaknya dalam belajar, tidak memperhatikan sama sekali
kepentingan anaknya dalam belajar, tidak mengatur waktu belajar, tidak
menyediakan/melengkapi alat belajarnya, tidak mau tahu akan kemajuan belajar
anak, mendidik dengan cara memanjakan anak, terlalu kasian terhadap anak dan
tidak sampai hati untuk memaksa anak belajar, membiarkan anak berbuat seenaknya
saja dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya.
Pengertian orang tua
dalam proses belajar sangatlah penting, bila anak sedang belajar jangan
diganggu dengan tugas-tugas dirumah, kadang anak mengalami lemah semangat,
orang tua wajib memberi pengertian dan dorongan, mambantu sedapat mungkin
kesulitan yang dialami anak disekolah. (13)
b.
Sekolah
Keadaan sekolah/tempat
belajar turut mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar. kualitas dosen, metode
mengajarnya, kesesuaian kurikulum dengan kemampuan anak, keadaan
fasilitas/perlengkapan disekolah, keadaan ruangan, jumlah murid perkelas,
pelaksanaan tata tertib (disiplin) sekolah, semua ini turut mempengaruhi
keberhasilan belajar. (12)
c.
Teman bergaul
Teman yang bergaul
dengan baik akan berpengaruh terhadap diri siswa, begitu juga sebaliknya, teman
bergaul yang jelek pasti mempengaruhi yang bersifat jelek juga. Agar siswa
dapat belajar dengan baik maka perlulah diusahakan agar siswa memiliki teman
bergaul yang baik-baik dan pembinaan pergaulan yang baik serta pengawasan dari
orang tua dan pendidik harus cukup bijaksana (tidak terlalu ketat dan tidak
terlalu lengah). (13)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar