Selasa, 09 Desember 2014

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar


Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar
            Menurut Dalyono(12) berhasil atau tidaknya seseorang dalam belajar disebabkan beberapa factor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar yaitu berasal dari dalam dan adapula dari luar dirinya diantaranya yaitu :
1.    Faktor internal (yang berasal dari dalam diri)
a.       Kesehatan
Kesehatan jasmani dan rohani sangat besar pengaruhnya terhadap kemampuan belajar, bila seseorang selalu tidak sehat dapat mengakibatkan tidak bergairah untuk belajar. Demikian pula halnya jika kesehatan rohani (jiwa) kurang baik, misalnya mengalami gangguan pemikiran, perasaan kecewa karena konflik dengan orang tua, pacar hal ini dapat mengganggu atau mengurangi semangat belajar. Karena itu, pemeliharaan kesehatan sangat penting bagi setiap orang baik fisik maupun mental agar badan tetap kuat, pikiran selalu segar dan bersemangat dalam melaksanakan kegiatan belajar.
b.      Intelegensi dan bakat
Intelegensi adalah kecakapan yang terdiri dari tiga jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan kedalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui/menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, dan mempelajari dengan cepat.
Bakat adalah kemampuan untuk belajar. kemampuan itu baru akan terealisasi menjadi kecakapan yang nyata sesudah belajar atau berlatih. Misalnya jika bahan pelajaran yang dipelajari siswa sesuai dengan bakatnya, maka hasil belajarnya lebih baik karena ia senang belajar dan lebih giat lagi dalambelajarnya. (13)


c.       Minat dan motivasi
Minat dan motivasi adalah dua aspek psikis yang juga besar pengaruhnya terhadap pencapaian prestasi belajar, minat dapat timbul karena daya tarik dan juga datang dari hati sendiri. Timbulnya minat belajar disebabkan berbagai hal, antara lain karena keinginan yang kuat untuk menaikkan martabat atau memperoleh pekerjaan yang baik serta ingin hidup senang dan bahagia.
Motivasi adalah daya penggerak/pendorong untuk melakukan suatu pekerjaan yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar. Motivasi yang datang dari diri sendiri yaitu dorongan yang datang dari hati sendiri umumnya karena kesadaran akan pentingnya sesuatu. Motivasi yang berasal dari luar yaitu dorongan yang datang dari luar diri (lingkungan), misalnya dari orang tua, guru, teman dan anggota masyarakat.
2.    Faktor eksternal  (yang berasal dari luar)
a.       Keluarga (cara orang tua mendidik dan pengertian orang tua)
Keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama. Jika orang tua yang kurang/tidak memperhatikan pendidikan anaknya dalam belajar, tidak memperhatikan sama sekali kepentingan anaknya dalam belajar, tidak mengatur waktu belajar, tidak menyediakan/melengkapi alat belajarnya, tidak mau tahu akan kemajuan belajar anak, mendidik dengan cara memanjakan anak, terlalu kasian terhadap anak dan tidak sampai hati untuk memaksa anak belajar, membiarkan anak berbuat seenaknya saja dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya.
Pengertian orang tua dalam proses belajar sangatlah penting, bila anak sedang belajar jangan diganggu dengan tugas-tugas dirumah, kadang anak mengalami lemah semangat, orang tua wajib memberi pengertian dan dorongan, mambantu sedapat mungkin kesulitan yang dialami anak disekolah. (13)
b.      Sekolah
Keadaan sekolah/tempat belajar turut mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar. kualitas dosen, metode mengajarnya, kesesuaian kurikulum dengan kemampuan anak, keadaan fasilitas/perlengkapan disekolah, keadaan ruangan, jumlah murid perkelas, pelaksanaan tata tertib (disiplin) sekolah, semua ini turut mempengaruhi keberhasilan belajar. (12)
c.       Teman bergaul
Teman yang bergaul dengan baik akan berpengaruh terhadap diri siswa, begitu juga sebaliknya, teman bergaul yang jelek pasti mempengaruhi yang bersifat jelek juga. Agar siswa dapat belajar dengan baik maka perlulah diusahakan agar siswa memiliki teman bergaul yang baik-baik dan pembinaan pergaulan yang baik serta pengawasan dari orang tua dan pendidik harus cukup bijaksana (tidak terlalu ketat dan tidak terlalu lengah). (13)

Tidak ada komentar: