Kamis, 13 November 2014

Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Anemia Pada Ibu Hamil Di Klinik Bersalin Suryani Kec.Medan Johor Tahun 2011



Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Anemia Pada Ibu Hamil
Di Klinik Bersalin Suryani Kec.Medan Johor Tahun 2014
Viii + 46 + 8 tabel + 8 lampiran
ABSTRAK
            Anemia merupakan salah satu penyebab penting dari kematian ibu pada saat hamil ataupun melahirkan. Di klinik Bersalin Suryani Medan diperoleh angka kejadian anemia sebanyak 87 orang (65,4%) dari 133 ibu hamil, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti : umur, paritas, jarak kelahiran dan kunjungan ANC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan terjadinya anemia pada ibu hamil.
            Penelitian ini bersifat analitik menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang mengalami anemia pada bulan Januari – Maret 2011 sebanyak 87 orang dan seluruhnya dijadikan sampel (total sampling). Analisa data secara univariat dan bivariat.
            Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 87 orang (65,4%) ibu hamil yang mengalami anemia. Berdasarkan umur ibu yang paling banyak adalah 20 – 35 tahun 76 orang (65%), hasil uji chi-square di peroleh nilai tidak ada hubungan umur terhadap kejadian anemia pada ibu hamil. Pada paritas ibu hamil yang paling banyak adalah >2 sebanyak 27 orang (77,1%), hasil uji chi-square di peroleh nilai ada hubungan paritas terhadap kejadian anemia pada ibu hamil. Pada jarak kelahiran yang paling banyak adalah <2 tahun sebanyak 30 orang (83,3%), hasil uji chi-square di peroleh nilai ada hubungan jarak kelahiran terhadap kejadian anemia pada ibu hamil. Pada kunjungan ANC ibu yang paling banyak adalah 46 orang (56,1%), hasil uji chi-square di peroleh nilai  ada hubungan kunjungan ANC terhadap kejadian anemia pada ibu hamil.
            Diharapkan pada pihak klinik Suryani dalam pemeriksaan kehamilan tetap meningkatkan penyuluhan tentang anemia pada ibu hamil sehingga angka kematian ibu yang disebabkan oleh perdarahan akibat anemia dapat berkurang. Bagi bidan atau tenaga tenaga kesehatan lainnya diharapkan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas dalam pencegahan dan penanganan anemia pada ibu hamil.
Kata kunci                   : Anemia
Daftar Pustaka            : 20 buku (2011 – 2014).

Tidak ada komentar: