Senin, 03 November 2014

Makalah Konsep Kebidanan MODEL KONSEPTUAL ASUHAN KEBIDANAN PARADIGMA SEHAT



BAB I
PENDAHULUAN

a.      Latar Belakang
            Model konseptual kebidanan adalah suatu gambaran abstrak yang menjadi ide dasar suatu disiplin ilmu yang pada dasarnya samad engan pengertian konsep kerja, system kerja dan skema yang menunjukkan ide global individu. Kelompok situasi dan kejadian yang menarik untuk suatu ilmu
            Model konseptual kebidanan biasanya berkembang dari teori wawasan intuitif keilmuan yang sering kali memahami dan mengembangkan praktek guna membimbing tindakan dalam pendidikan dan untuk mengidentifikasi pertanyaan yang harus dijawab dalam penelitian.

b.      Permasalahan
-          Strategi apa saja yang digunakan unuk mewujudkan kesehatan?
-          Bagaimana mengubah cara pandang masalah kesehatan secara makro maupun mikro.

c.       Tujuan
Umum :
Meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu adil dan merata yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termausk yang berada di daerah terpencil, perbatasan, serta transmigrasi dan memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Tujuan Khusus:
Meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat termasuk lingkungannya.



BAB II
TINJAUAN TEORI


Memeilihara dan meningkatkan kesehatan lebih efektif dari pada mengobati penyakit. Oleh karena itu upaya meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit (preventif) perlu ditekankan tanpa mengesampingkan upaya penyembuhan dan pemulihan. Derajat kesehatan di pengaruhi oleh factor lingkungan prilaku, pelayanan kesehatan dan keturunan. Factor lingkungan dan perilaku memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap kualitas derajat kesehatan.
Oleh karena itu perlu di perhatikan dampak pembangunan semua sector di bidang kesehatan. Adanya transisi demografis dan epidomologis, tantangan global dan regional, perkembangan iptek, tumbuhnya era desentralisasi serta maraknya demokratisasi di segala bidang mendoorng perlunya upaya peninjuan kebijakan yang ada serta perumusan paradigm baru dibidang kesehatan.



BAB III
PEMBAHASAN

            Paradigma sehat adalah cara pandang, pola piker atau model pembangunan kesehatan yang memandang masalah kesehatan saling terkiat dan memengaruhi banyak factor yang bersifat lintas sektoral dengan upaya yang lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan serta perlidnungan kesehatan tidak hanya pada upaya penyembuhan penyakit atau pemulihan kesehatan.
            Paradigma sehat mengubah cara pandang terhadap masalah kesehatan baik secara makro maupun mikro. Secara makro berarti bahwa pembangunan semua sektor  harus memerhatikan dampaknya dibidang kesehatan, minimal member sumbangan dalam pengembangan lingkungan dan perilaku sehat. Secara mikro, berarti bahwa pembangunan kesehatan harus mnekankan pada upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilatif.
            Pola piker yang memandang kesehatan sebagai kebutuhan yang bersifat pasif, menjadi suatu yang bersifat aktif yang mau tidak mau harus diupayakan karena kesehatan merupakan keperluan dan bagian dari hak asasi manusia.
            Pembangunan di bidang kesehatan memiliki


2. Strategi
1.      Pembangunan nasonal berwawasan kesehatan semua kebijakan nasional yang diselenggarakan harus berwawasan kesehatan.
2.      Profesionalisme. Pelayanan kesehatan yang bermutu perlu didukung dengan penerapan berbagai kemajuan iptek dengan penerapan nilai-nilai agama dan moral.
3.      Jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat (JPKM) Penataan system pembiayaan kesehatan yang menjamin pemeliharaan kesehatan masyarakat luas.
4.      Desentralisasi. Penyelenggaraan upaya kesehatan harus didasarkan ada masalah dan potensi spesifik daerah tertentu.


BAB IV

Kesimpulan
            Hidup sehat adalah hak asasi manusia artinya sehat merupakan sesuatu ang sangat esensial dalam diri manusia yang perlu diperhatikan dan dipelihara.
            Kesehatan merupakan salah satu dari 3 faktor utama yang sangat menentukan kualitas SDA di samping pendidikan pendapatan (ekonomi)

Saran
            Sebaiknya menciptakan paradigm sehat sebagai suatu gerakan nasional yang harus diikuti dengan tindakan nyata secara konsisten dan berkesinabungan oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk partisipasi aktif lintas sektor.


DAFTAR PUSTAKA

Soppaidan, Suiyani, 2007. Konsep kebidanan.Jakarta, EGC

Tidak ada komentar: