Senin, 03 November 2014

MAKALAH KONSEP KEBIDANAN TEORI DAN MODEL ASUHAN KEBIDANAN MENURUT RAMONA T. MERCER






BAB I
PENDAHULUAN

a.      Latar Belakang
            Sejak tahun 1988 Mercer telah menerbitkan 4 buku, dan lebihd ari 55 artikel. Mercer seperti ditulis Chalmers et al (1981) juga menjelaskan bahwa dukungan selama hamil akan member pengaruh baik pada keadaan keterbatasan social seseorang, kurangnnya dukungan social, minimnya “self esteem” diantara para ibu.
Selain itu, menjadi seorang ibu berarti memperoleh identitas baru yang membutuhkan pemikiran dan penguraian yang lengkap tentang diri sendiri (Mercer, 1986).
Diungkapkan juga oleh Mercer (1981) bahwa 1-2 juta ibu di Amerika gagal memerankan peran ini terbukti dengan tingginya jumlah anak yang mendapatkan perlakuan yang kejam. Mercer melihat menjadi seorang ibu tidak hanya pribadi wanita yang menjadi ibu, tetapi ia juga melihat kesulitan-kesulitan yang dihadapkan ibu dalam melaksankan peran ibu. Oleh karena itu peran dan partisipasi suami/pasangan sangat penting untuk meyakinkan dan memberikan penghargaan terhadap peran baru ibu.
Penghargaan diri, status kesehatan dan dukungan social diperkirakan mempunyak efek langsung yang positif terhadap penguasaan. Diperkirakan hal ini mempunyai efek negative yang langsung terhadap fungsi keluarga (Mercer, 1988).

b. Permasalahan
            Kesehatan merupakan pusat kekhawatiran di dalam anternatal stress. Demikian juga factor-faktor penting yang berpengaruhi dalam kehidupan social dan lingkungan. Dalam hubungannya dengan person berdasarkan teori peran ibu, wanita memiliki jati diri yang dibutuhkan sepanjang kehidupan social, bagaimana persepsi ibut terhadap bayi dan respon orang lain terhadap perannya sebagai ibu sepanjang hidupnya dan bagaimana responnya pada kenyataan yang dihadapinya peran bidan yang diharapkan oleh Mercer dan mengidentifikasi factor apa yang mempengaruhi peran ibu dalam pencapaian peran fungsi ini dan kontribusi dari stress antepartum.

c. Tujuan
Umum
Berupaya untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan pada ibu di dalam keluarga maupun masyarakat yang ditangani oleh bidan.
Khusus
Memberikan dukungan pada ibu sewaktu hamil dalam lemahnya efek lingkungan dan lingkungan sosial dan dan meningkatkan kepercayaan diri ibu dalam kehamilan.



BAB II
TINJAUAN TEORI


Tinjauan Teori
Mercer merupakan salah satu murid Reva Rubin yang tlah menghasilkan banyak karya ilmiah. Sepanjang karirnya selama 30 tahun, Mercer melakukan dua penelitian penting yaitu efek stress anterpartum pada keluarga dan pelaksanaan peran ibut. Mercer mengidentifikasi seorang wantia pada awal post partum yang menunjukkan bahwa wanita akan lebih mendekatkan diri kepada bayi dibandingkan dengan melakukan tugasnya sebagai seorang ibu pada umumnya, sedangkan wanita dalam pencapaian peran ibu dipengaruhi oleh faktor-faktor:
1.      Faktor ibu meliputi umur ibu waktu melahirkan persepsi ibu terhadap pengalaman melahirkan, memisahkan ibu dan anak lebih awal, stress social, dukungan social, konsep diri, sifat pribadi, sikap terhadap membersarkan anak-anak dan status kesehatan ibu.
2.      Faktor bayi meliputi tempramen dan kesehatan ibu
3.      Faktor lain meliputi latar belakang keluarga, status perkawinan dan status sosial ekonomi keluarga




BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Pada dasarnya tujuan pembahasan Mercer yaitu agar dapat memberikan dukungan selama hamil dan dapat mengurangi lemahnya efek lingkungan dan dukungan social serta kurangnya kepercayaan diri ibut.


Saran
Pelayanan kebidanan harus menyiapkan diri utnuk antisipasi perubahan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kebidanan agar tenaga kesehatan dapat membantu masalah-masalah kesehatan pada ibu dan anak.




DAFTAR PUSTAKA

Kebidanan Sebagai Profesi (2000) Departemen Kesehatan RI, Medan
 

Tidak ada komentar: