RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
TEORI
Jurusan : DIII Kebidanan
Bidang study : Biologi
reproduksi
Bobot : 3 sks ( T:2:1)
Kode mata kuliah : Bd.
203
Semester : Semester
II (Dua)
Pertemuan : XIII
Alokasi waktu : 60 menit
Standar
kompetensi :
Mahasiswa mampu melaksanankan asuhan pada ibu nifas
Kompetensi dasar :
Mahasiswa mampu Menjelaskan fisiologi nifas
Indikator kompetensi : Mahasiswa mampu
menjelaskan:
§ Involusio uterus
§ Perubahan laktasi
§ Adanya lochea
§ Perubahan seviks
Strategi :
Urutan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, metode, media, waktu
Langkah-langkah pembelajaran : Kegiatan awal,inti, dan kegiatan
akhir
No
|
Urutan
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Bacaan
|
||
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||||||
1
|
KEGIATAN
AWAL
|
Membangkitkan
perhatian dan motivasi
|
1. Deskripsi
Pada
pertemuan ini kita akan membahas tentang fisiologi pada
ibu nifas
2.
Relevansi
sebagai
seorang bidan yang professional materi ini sangat penting kita pelajari
karena objek dalam tugas kita sebagai bidan adalahmenghadapi
masalah nifas tersebut
3. apersepsi
pada minggu lalu kita
membahas tentang mekanisme Persalinan
yang tentunya berkaitan dengan pelajaran kita hari ini dan berkaitan
juga dengan pelajaran yang akan datang yaitu mengenai Menguasai struktur payudara
|
Mendengar
dan menyimak
|
Ceramah
|
LCD
+ Laptop
|
4
menit
|
|
Meninformasikan
tujuan
|
Adapun tujuan pertemuan kita pada
pagi hari ini adalah agar mahasiswa mampu menjelaskan fisiologi nifas
|
Mendengar
dan menyimak
|
Ceramah
|
-
|
2 menit
|
-
|
||
Mengingatkan
kemampuan awal
|
Menurut pendapat kalian apa yang dikatakan masa nifas
(puerpurium )
|
Mendengar
dan menyimak
|
Ceramah
|
-
|
4 menit
|
-
|
||
2.
|
KEGIATAN
INTI
|
Penyajian
materi
|
Menjelaskan tentang:
Involusio dan
perubahan pada lactasi,dan menyinggung anatomi payudara
|
Mendengar, menyimak dan bertanya serta menjawab
pertanyaan
|
Ceramah
Dan Tanya Jawab
|
LCD +
laptop
|
30 menit
|
BU 1
BU 2
BA 7
|
Contoh
|
Memberikan
contoh berupa gambar bentuk payudara
|
Mendengar, menyimak dan memberi pendapat
|
Ceramah
|
Sda
|
4 menit
|
-
|
||
Latihan
Umpan
balik proses
|
Memberikan
latihan kepada siswa untuk membuat penyuluhan tentang pentingnya ASI
EKSKLUSI pada bayi sejak dini
Memberikan
penguatan pada mahasiswa yang menjawab pertanyaan dengan benar seperti
memberi pujian
|
Menjawab pertanyaan
Mendengar dan menyimak
|
Tanya
jawab
ceramah
|
-
|
4 menit
|
-
|
||
3.
|
KEGIATAN
AKHIR
|
Kesimpulan
|
Menyimpulkan materi yang telah diberikan
|
Mendengar
dan menyimak
|
Ceramah
|
-
|
2 menit
|
-
|
Tes
|
Untuk
mengetahui apakah materi pelajaran pada pertemuan ini sudah mencapai tujuan,
maka diberikan tes formatif berupa tes lisan kepada mahasiswa sesuai dengan
materi yang telah dijelaskan
|
Menjawab
tes
|
Pemberian
tes
|
LCD +
Laptop
|
4 menit
|
-
|
||
Umpan
Balik
|
Memberikan
penguatan pada mahasiswa yang menjawab pertanyaan dengan benar seperti
memberi pujian dan ucapan selamat dan memberikan motivasi pada siswa yang masih mendapatkan nilai
yang belum memuaskan.
|
Mendengar
dan menyimak
|
Ceramah
|
-
|
4 menit
|
-
|
||
Tindak
Lanjut
|
Memberi
tugas tambahan kepada mahasiswa yang masih mendapat nilai rendah berupa
membuat rangkuman mata kuliah hari ini sedangkan untuk mahasiswa yang telah
mendapatkan nilai bagus agar tetap membaca buku yang berkaitan dengan materi
hari ini.
|
Mendengar
dan menyimak
|
Ceramah
|
-
|
2 menit
|
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar