Kamis, 13 November 2014

PENGERTIAN ASI EKSKLUSIF



ASI EKSKLUSIF
A.    Pengertian ASI Eksklusif
Yang dimaksud dengan ASI Ekslusif adalah pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tana tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim. Setelah usia bayi 6 bulan, barulah bayi diberikan makanan pendamping ASI, sedangkan ASI dapat diberikan sampai 2 tahun atau lebih.
Dari penelitian yang menunjukkan bahwa tidak ada makanan di dunia ini yang sesempurna ASI. ASI adalah satu jenis makanan yang mencukup seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, sosial, maupun spiritual.
ASI mengandung nutrisi, hormon, unsur kekebalan faktor pertumbuhan, antialergi, serta anti inflamasi. Nutrisi dalam ASI mencakup hampir 200 unsur zat makanan, unsur ini mencakup hidrat arang, lemak, protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang proporsional.

B.     Manfaat  ASI bagi bayi
1.      ASI mengandung protein yang spesifik untuk melindungi bayi dari alergi
2.      Secara alamiah, ASI memberikan kebutuhan yang sesuai dengan usia kelahiran bayi (seperti pada bayi prematur, ASDI memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding pada bayi yang cukup bulan)
3.      ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi
4.      ASI sebagai zat antivirus dan bakteri
Didalam ASI terkandung kolostrum. Kolostrum adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan ASI pertama yang diisap pleh bayi, kolostrum mengandung protein, mineral dan aneka vitamin. Berikut ini aneka zat antivirus dan anti bakteri yang terkandung dalam kolostrum :
·         Lysozyme, yaitu enzim yang aktif di saluran pencernaan yang jumlahnya ribuan kali dibandingkan kadar lysozyme yang ada di susu formula. Tugasnya menghancurkan dinding sel patogen dan melindungi saluran pencernaan bayi.
·         Bifidobakteri, bertugas mengasamkan lambung sehingga bakteri patogen dan parasit tidak mampu bertahan hidup.
·         Lactoferin, bertugas mengikat besi sehingga bakteri patogen yang membutuhkan zat besi diboikot, tidak mendapat suplay zat besi hingga mati.
·         Lactoperoksida, bersma unsur lain berperang melawan serangan bakteri sterptococus (yang dapat menimbulkan gejala penyakit paru-paru).
·         Makrofage, berfungsi melindungi kelenjar susu ibu dan saluran pencernaan bayi.
5.      ASI bebas kuman karena diberikan secara langsung
6.      Suhu ASI sesuai dengan kebutuhan bayi
7.      ASI lebih mudah dicerna dan diserap oleh usus bayi
8.      ASI mengandung banyak kadar selenium yang melindungi gigi dari kerusakan.
9.      ASI akan melatih daya isap bayi dan membantuk otot pipi yang baik

C.    Manfaat ASI bagi Ibu
1.      Membantu mempercepat pengembalian rahim ke bentuk semula dan mengurangi pendarahan setelah kelahiran.
2.      Mencegah kanker payudara (karena pada saat menyusui hormon esterogen mengalami penurunan, sementara itu tanpa aktivitas menyusui, kadar hormon esterogen tetap tinggi dan inilah yang diduga menjadi salah satu pemicu kanker payudara karena tidak adanya keseimbangan hormon esterogen dan progesteron).
3.      Menyusui secara teratur akan menurunkan berat badan ibu secara bertahap.
4.      Memberikan secara puas, bangga dan bahagia pada ibu yang berhasil menyusui bayinya.
5.      Pemberian ASI secara eksklusif dapat sebagai kontrasepsi selama 6 bulan setelah kelahiran karena isapan bayi merangsang prolaktin yang menghambat terjadinya ovulasi/ pematangan telur sehingga menunda kesuburan.

D.    Keunggulan ASI Eksklusif dibandingkan Susu Formula
1.      ASI mengandung kolostrum yang berfungsi sebagai zat kekebalan tubuh yang melindungi bayi dari penyakit.
2.      ASI lebih terjamin kebersihannya, karena ASI tidak perlu penyajian khusus. ASI diberikan secara mudah dan praktis setiap saat bayi membutuhkan (Call Feeding).
3.      Kandungan lemak dan protein dalam ASI lebih mudah diserap sistem pencernaan bayi dibanding dengan susu formula sehingga tidak menyebabkan terjadinya diare.
4.      Kandungan vitamin A, B, C, D, zat besi, kalsium dan zat-zat mineral lain dalam ASI lebih banyak dari pada susu formula.
5.      ASI merupakan karunia Tuhan yang diperoleh secara gratis.

Tidak ada komentar: