SILABUS
I. IDENTITAS MATA KULIAH
1. Nama mata kuliah : Asuhan Kebidanan III (Nifas dan Menyusui)
2. Kode mata kuliah : Bd. 303
3. Jumlah Kredit/ T-P : 3 SKS ( T: 2, P:1 )
4. Standar Kompetensi
Mahasiswa
semester III melaksanakan asuhan kebidanan
pada ibu nifas dengan pendekatan
manajemen kebidanan.
5. Deskripsi singkat
Mata kuliah ini memberikan kesempatan untuk melaksanakan asuhan
kebidanan pada masa nifas dengan
pendekatan manajemen kebidanan didasari konsep, sikap, dan keterampilan
dengan pokok bahasan konsep dasar masa
nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi, fisiologi
dan psikologi masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan
kebidanan masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi
dini komplikasi.
6. Kompetensi Prasyarat : Mahasiswa harus
lulus mata kuliah Askeb ibu hamil dan Askeb Ibu bersalin.
7. Kualifikasi Dosen : D4 Bidan Pendidik dan S2
8. Referensi
Buku Utama
1. Eny Retna Ambarwati, 2008, Asuhan Kebidanan Nifas.
2. Suhermi, 2009, Perawatan Masa Nifas.
3. Saleha Siti, 2009, Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas.
Buku Acuan
1. Soetjiningsih, 2002, ASI Petunjuk Untuk Tenaga
Kesehatan.
2. Manuaba, 2002, Ilmu Kandungan dan Keluarga Berencana.
3. Sarwono, 2008, Ilmu Kebidanan.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI DAN URAIAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE MENGAJAR
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
T
|
P
|
L
|
|||||||
1.
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami
tentang konsep dasar masa nifas dengan benar.
|
Konsep dasar masa nifas.
|
1. Mahasiswa Mampu
menjelaskan pengertian masa nifas
2. Mahasiswa Mampu
menjelaskan tujuan masa nifas
3. Mahasiswa Mampu menjelaskan peran dan tanggung
jawab bidan dalam masa nifas
4. Mahasiswa
Mampu menjelasakan tahapan masa
nifas
5. Mahasiswa Mampu mengidentifikasi kebijakan program nasional masa nifas
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
|
|
2.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan proses laktasi dan menyusui.
|
Proses laktasi dan menyusui
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi dan fisiologi payudara
2. Mahasiswa
mampu menjelaskan fisiologi laktasi
3. Mahasiswa mampu
menjelaskan dukungan bidan dalam pemberian ASI
4. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat
pemberian ASI
5.
Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi Gizi dalam ASI
6. Mahasiswa mampu
menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi produksi ASI
7. Mahasiswa mampu menjelaskan tanda bayi cukup ASI
8. Mahasiswa mampu menjelaskan ASI eksklusif
9. Mahasiswa mampu menjelaskan Inisiasi menyusu dini
10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara menyusui yang benar
11. Mahasiswa mampu menjelaskan masalah
dalam pemberian ASI
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
BA. 1
|
|
3
|
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan cara
menyusui dan merawat payudara
|
Proses laktasi dan menyusui
|
1. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan cara merawat payudara
2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan cara
menyusui yang
benar
|
|
1x100 menit
|
|
Ceramah
Demonstrasi
|
BU. 2
BU. 3
BA. 1
|
|
4
|
Mahasiswa mampu memahami respon orang tua terhadap
bayi baru lahir
|
Respon orang tua terhadap bayi baru lahir
|
1.
Mahasiswa mampu
menjelaskan bounding attachment
2.
Mahasiswa mampu
menjelaskan menjelaskan respon ayah dan keluarga
3. Mahasiswa
mampu menjelaskan sibling rivally
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
|
|
5.
|
mahasiswa mampu menjelaskan
perubahan fisiologis masa nifas dengan jelas
|
Perubahan fisiologi masa nifas
|
1.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan system reproduksi pada ibu nifas: uterus, vagina dan
perineum
2.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan system pencernaan
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan system
perkemihan
4.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan system muskuluskeletal pada ibu nifas
5.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan sistem endokrin
6.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan tanda-tanda vital
7.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan
sistem kardiovaskuler
8.
Mahasiswa mampu
menjelaskan perubahan sistem hemotologi
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
|
|
6.
|
Setelah perkuliahan mahasiswa
mampu menjelaskan proses adaptasi psikologis ibu masa nifas
|
Proses adaptasi dan psikologis masa nifas
|
1.
Mahasiswa mampu
menjelaskan adaptasi psikologis ibu masa nifas
2.
Mahasiwa mampu
memahami post partum blues
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
|
|
7.
|
Setelah perkuliahan mahasiswa mampu
mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu nifas dengan benar, dan mendemonstrasikan senam nifas
|
Kebutuhan dasar ibu masa nifas
|
1. Mahasiswa mampu
menjelaskan Nutrisi dan cairan yang di butuhkan masa nifas
2. Mahasiswa mampu
menjelsakan kebutuhan Ambulasi ibu nifas
3. Mahasiwa mampu
menjelaskan Eliminasi: bak/bab masa nifas
4. Mampu menjelaskan kebutuhan Istirahat ibu
nifas
5. Mahasiswa mampu
menjelaskan dan mempraktekan kebersihan diri/perineum
6. Mahasiswa mampu
menjelaskan kebutuhan Seksual ibu nifas
7. Mahasiswa mampu
menjelaskan dan mempraktekan latihan/ senam hamil
|
2x50 menit
|
1x100 menit
|
|
Ceramah
Diskusi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
BA. 1
|
|
8.
|
Ujian Tengah Semester
|
||||||||
9.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasikan asuhan masa nifas normal
|
Asuhan masa nifas normal
|
1.
Mahasiswa mampu
menjelaskan dan melaksanakn pengkajian fisik dan psikologis
2.
Mahasiswa mampu
menjelaskan dan melaksanakan pengkajian riwayat kesehatan ibu
3.
Mahasiswa mampu
mendemonstrasikan pemeriksaan fisik
a. Tanda-tanda vital
b. Payudara
c. Uterus
d. Kandung kemih
e. Genetalia
f. Perineum
g. Ekstrimitas bawah
4. Mahasiswa
mampu melakukan pengkajian psikologis dan pengetahuan ibu
|
2x50 menit
|
1x100
|
|
Ceramah Diskusi
Demonstrasi
Tanya jawab
|
BU. 2
BA. 2
BA. 3
|
|
10.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasikan asuhan masa nifas normal
|
Asuhan masa nifas normal
|
1.
Mahasiswa mampu merumuskan
diagnosa/ masalah aktual
a. Masalah nyeri
b. Masalah infeksi
c. Masalah cemas, perawatan perineum, payudara, ASI ekslusif
d. Masalah KB, Gizi, tanda bahaya, senam, menyusui
2. Mahasiswa mampu
mendemonstrasikan perawatan perineum
3. Mahasiwa mampu menjelaskan dan merumuskan
diagnosa/ masalah Potensial
a. Gangguan perkemihan
b. Gangguan BAB
c. Gangguan hubungan seksual
|
2x50 menit
|
1x100 menit
|
|
Ceramah
Diskusi
Demonstrasi
Tanya jawab
|
BU. 2
BA. 2
BA. 3
|
|
11.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan masa nifas
normal
|
Asuhan masa nifas normal
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan
merencanakan asuhan kebidanan
a. Evaluasi secara terus menerus
b. Gangguan rasa nyeri
c. Mengatasi infeksi
d.Mengatasi
cemas
e. Menjelaskan tentang gizi, KB tanda bahaya, hubungan
seksual, senam nifas, perawatan perineum, perawatan bayi sehari-hari, dll.
f. Memberika kenyamanan pada ibu
g. Membantu ibu untuk menyusui bayi
h. Memfasilitasi
menjadi orang tua
i. Persiapan pasien pulang
j. Anticipatori
guidance
2. Mahasiswa mampu
menjelaskan dan melaksanaan tindakan mandiri dan kolaborasi asuhan kebidanan
a. Tindakan mandiri
b. Kolaborasi
c. Tindakan pengawasan
d. Pendidikan/penyuluhan
3. Mahasiswa mampu melaksanakan Evaluasi asuhan
kebidanan
a. Tujuan asuhan kebidanan
b. Kolaborasi
c. Tindakan pengawasan
d. Pendidikan/penyuluhan
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
BU. 2
BA. 2
BA. 3
|
|
12.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan program
tindak lanjut asuhan nifas di rumah
|
Program tindak lanjut asuhan nifas di rumah
|
1. Mahasiswa
mampu menjelaskan jadwal kunjungan rumah
2. Mahasiswa
mampu menjelaskan asuhan lanjutan masa nifas di rumah
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
|
|
13.
|
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi dini komplikasi
masa nifas dan penanganannya
|
Mendeteksi dini komplikasi
masa nifas
|
1.
Mahasiwa mampu
melaksanakan deteksi dini komplikasi masa nifas dan penanganannya
a.Mampu menjelaskan pengertian dan
penanganan perdarahan post partum
b.Mampu menjelasakan pengertian dan penanganan infeksi masa nifas
c.Mampu menjelasakan dan penanganan sakit kepala, nyeri epigastrik,
penglihatan kabur
d.Mampu menjelasakan dan penanganan pembengkakan di wajah atau
ekstrimitas
e. Mampu menjelasakan dan penanganan demam, muntah, rasa sakit waktu
berkemih
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
BA. 2
BA. 3
|
|
14.
|
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi dini komplikasi
masa nifas dan penanganannya
|
Mendeteksi dini komplikasi
masa nifas
|
1. Mahasiwa mampu
melaksanakan deteksi dini komplikasi masa nifas dan penanganannya
a. Mampu menjelasakan dan penanganan payudara yang
berubah menjadi merah, panas dan atau terasa sakit
b. Mampu menjelasakan dan penanganan kehilangan nafsu
makan dalam waktu yang lama
c. Mampu menjelasakan dan penanganan rasa sakit, merah,
lunak dan pembengkakan di kaki
d. Mampu menjelasakan dan penanganan merasa sedih atau
tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
|
2x50 menit
|
|
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
BA. 2
BA. 3
|
|
15.
|
Mahasiswa mampu
mempresentasikan
pendokumentasian masa nifas
sesuai dengan menejement kebidanan dengan benar
|
Pendokumentasian kebidanan
|
Mampu mempresentasikan
pencatatan dan asuhan dengan 7 langkah varney dengan benar yaitu : pengkajian,
mendiagnosa/masalah/kebiutuhan, diagnose potensial, kebutuhan segera,
intervensi, implementasi, evaluasi
|
2x50 menit
|
|
|
Diskusi
Tanya jawab
|
BU. 1
BU. 2
BU. 3
|
|
16
|
Ujian Semester
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar